Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) dengan variasi putaran mesin dan variasi pembukaan katup air mix di intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya motor dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Mio-J FI tahun 2013 / Pragunanda Andika Wahyu Sa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) dengan variasi putaran mesin dan variasi pembukaan katup air mix di intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya motor dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Mio-J FI tahun 2013 / Pragunanda Andika Wahyu Sa

Saputra, Pragunanda Andika Wahyu (2015) Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) dengan variasi putaran mesin dan variasi pembukaan katup air mix di intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya motor dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Mio-J FI tahun 2013 / Pragunanda Andika Wahyu Sa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Pragunanda Andika Wahyu. 2015. Pengaruh Penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) Dengan Variasi Pembukaan Katup Air Mix Di Intake Manifold Dan Putaran Mesin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Daya Motor Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Yamaha Mio-J Fi Tahun 2013.Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Ir. Mustaman M.Pd. (II)Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci Hydrocarbon Crack System (HCS) variasi pembukaan katup air mix di intake manifold konsumsi bahan bakar daya motor emisi gas buang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan pengguna Yamaha Mio-J FI yang disebabkan kualitas campuran udara dan bahan bakar kurus sehingga performa mesin kurang maksimal. Hal tersebut dapat diatasi dengan menambahkan gas hidrogen yang didapat dari penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS). Hydrocarbon Crack System (HCS) adalah sistempemecah atom hydrocarbon menjadi atom hydrogen (H) dancarbon (C) dengancaramenggunakanpipakatalisyang dipanaskan sehinggasusunanikatansenyawahydrocarbonakanterurai. Serbukalumina oksidepadakatalisakanmengikatunsurcarbon dangas hydrogen (H) yang memilikinilaioktan 130 akanmasukkeruangkabar.Sehinggaakanmempercepat proses pembakaranpadaruangbakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaanhydrocarbon crack system (HCS) dengan variasi pembukaan katup air mix di intake manifolddanvariasi putaran mesin terhadap konsumsi bahan bakar daya motor dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Mio-JFI tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan menggunakan analisis data uji anova satu arahdan post hoc dengan syarat data tersebut telah melaluiuji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan performa mesin pada pembukaan katup air mixture putaran pada putaran mesin 1500 rpm adalah konnsumsi bahan bakar 25 3% daya motor 15 3% emisi gas buang menurun 28 5% kadar CO dan 15 8 ppm untuk kadar HC. Jika pada putaran mesin 3000 rpm konnsumsi bahan bakar 32 3% daya motor 7 7% emisi gas buang menurun 33 3% kadar CO dan 31 2 ppm untuk kadar HC. Sedangkan pada putaran mesin 5000 rpm konnsumsi bahan bakar 36% daya motor 4 8% emisi gas buang menurun 36 6% kadar CO dan 38 4 ppm untuk kadar HC dari kondisi standart. Hal tersebut dipengaruhi oleh ada peningkatan kualitas campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan karena adanya penambahan gas hydrogen yang dihasilkan oleh Hydrocarbon Crack System (HCS). Dapat disimpulkan bahwa pembukaan katup air mixtere dan putaran akan mengalami peningkatan performa mesin karena kualitas campuran udara dan bahan bakar ideal. Sedangkan pembukaan katup air mixture dan 1 putaran akan mengalami penurunan performa mesin disebabkan karena kualitas campuran udara dan bahan bakar terlalu kaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43345

Actions (login required)

View Item View Item