Pengaruh variasi pemanasan bahan bakar melalui upper tank radiator terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki SJ410 / Surya Aditama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi pemanasan bahan bakar melalui upper tank radiator terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki SJ410 / Surya Aditama

Aditama, Surya (2015) Pengaruh variasi pemanasan bahan bakar melalui upper tank radiator terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki SJ410 / Surya Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aditama Surya. 2015. Pengaruh Variasi Pemanasan Bahan Bakar Melalui Upper Tank Radiator Terhadap Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Pada Mesin Suzuki SJ410. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Paryono S.T M.T. (II) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. Kata Kunci Pemanasan Bahan Bakar Daya Mesin Konsumsi Bahan Bakar Pemanasan bahan bakar merupakan suatu treatment terhadap bahan bakar premium dengan memanaskan bahan bakar tersebut melalui pipa tembaga yang dipasang pada upper tank radiator sehingga diharapkan memperoleh suatu kondisi dimana bahan bakar tersebut suhunya dapat meningkat campuran bahan bakar yang memiliki suhu tinggi tersebut dengan udara diharapkan kesempurnaan pembakaran akan tercapai sehingga dapat meningkatkan daya mesin dan mengurangi jumlah penggunaan bahan bakar. Proses perlakuan pemanasan bahan bakar dilakukan dengan memanfaatkan fluida di radiator yang berada pada upper tank radiator yaitu dengan membuat saluran pemanas yang terbuat dari pipa tembaga melalui upper tank radiator. Kemudian bahan bakar bensin tersebut dialirkan melalui pipa tembaga tersebut Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi pemanasan bahan bakar melalui upper tank radiator terhadap daya mesin dan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki SJ410. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Autotronik VEDC Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik menggunakan metode One-Way Anova dengan bantuan SPSS 18 For Windows. Hasil penelitian yang didapat pada penelitian tersebut ialah mesin dengan menggunakan pemanas bahan bakar dengan panjang pipa 900 mm memiliki daya 29 90 HP pada 4500 rpm mesin dengan menggunakan pemanas bahan bakar dengan panjang pipa 450 mm memiliki daya 29 27 HP pada 4600 rpm dan mesin tanpa menggunakan pemanas bahan bakar memiliki daya 28 73 HP pada 4600 rpm. Selanjutnya konsumsi bahan bakar mesin dengan menggunakan pemanas bahan bakar dengan panjang pipa 900 mm memiliki rata rata catatan waktu paling lama dalam menghabiskan 50 ml bensin selama 33 27 detik sedangkan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa dengan panjang 450 mm rata rata menghabiskan 50 ml bensin selama 31 90 detik dan dalam kondisi standar rata rata menghabiskan 50 ml bensin selama 26 03 detik. Berdasarkan hasil penelitian diatas dan setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penggunaan variasi pemanasan bahan bakar terhadap daya dan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki SJ410. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variasi diameter pipa pemanas yang lebih besar atau lebih kecil dan panjang pipa yang memiliki panjang yang lebih bervariasi. Selain itu pada penelitia berikutnya disarankan untuk menggunakan jenis bahan bakar yang berbeda semisal menggunakan pertamax dan dikembangkan pada kendaraan berbasis EFI. ii ABSTRACT Aditama Surya. 2015. The Influence Of Fuel Heating Variation Through The Upper Tank Radiator To Power And Fuel Consumption On Suzuki SJ410 Engine. Thesis Department Of Mechanical Engineering Faculty Of Engineering State University Of Malang. Supervisor (I) Drs. S. Paryono M.T. (II) Drs. Ir. Mustaman M. Pd. Keywords Fuel Heating Engine Power Fuel Consumption The fuel heating is a treatment of premium fuel to heat the fuel through a copper pipe that was installed on the upper radiator tanks so the expected gain a condition in which the fuel temperatures can rise fuel mixture that has such a high temperature air combustion with expected perfection will be achieved so that it can increase the power of the machine and reduce the amount of fuel use. The heating fuel treatment process is carried out by making use of fluid in the radiator which is at the upper tank radiator that is by making a heating duct made of copper pipe through the upper radiator tank. Then the petrol fuel was piped through the copper pipe. This research aims to know the influence of the variation of the fuel heating through the upper tank radiator to engine power and fuel consumption on Suzuki SJ410 engine. This research was carried out in the laboratory of Autotronik VEDC Malang. Data analysis technique used is the statistical analysis using the One-Way ANOVA with SPSS 18 For Windows. The research results obtained in the study is that the engine heater using the fuel pipe with a length of 900 mm has power 29.90 HP at 4500 rpm the engine using a heating fuel pipe with a length of 450 mm has power 29 27 HP at 4600 rpm and the engine without using fuel heaters have 28 73 HP at 4600 rpm. Furthermore fuel consumption engine using a fuel heater pipe with a length of 900 mm has a flat the longest average time records in spending 50 ml of petrol for 33.27 seconds while fuel heating pipe with a length of 450 mm average spending 50 ml petrol for 31.90 seconds under standard conditions and the average - average spending 50 ml of petrol for 26.03 seconds. Based on the results of the above research and data analysis can be done once it is concluded that there are significant differences in the use of the heating fuel variations of power and fuel consumption on a Suzuki SJ410 engine. For further research are advised to use the heater pipe diameter variation is greater or smaller and the length of pipe which has a more varied in length. In addition the following penelitia recommended to use different fuel types such as use pertamax and developed based on the vehicle EFI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43343

Actions (login required)

View Item View Item