Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif pada kelas X TKR III di SMK Negeri 2 Probolinggo / Muhammad Syakroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif pada kelas X TKR III di SMK Negeri 2 Probolinggo / Muhammad Syakroni

Syakroni, Muhammad (2015) Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif pada kelas X TKR III di SMK Negeri 2 Probolinggo / Muhammad Syakroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Syakroni Muhammad. 2015. Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Pada Kelas X TKR III Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Partono M.Pd. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Penerapan Kurikulum 2013 Perubahan kurikulum sudah saatnya dilakukan karena selama ini kurikulum pendidikan yang ada tidak menekankan pada pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter. Siswa lebih banyak dijejali dengan hafalan bukan kompetensi dan sains yang sebenarnya sangat diperlukan dalam kehidupan seharihari. Kurikulum KTSP terlalu menitik beratkan pada aspek kognitif. Mata pelajaran yang terlalu banyak sehingga membebani siswa. Pada kurikulum KTSP guru lebih aktif dari siswa sedangkan untuk kurikulum 2013 siswa yang lebih aktif. Konsep Kurikulum 2013 dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju ke arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Kurikulum 2013 lebih memfokuskan semua mata pelajaran harus mendukung semua kompetensi baik dalam sikap pengetahuan dan keterampilan. Perbedaan Kurikulum 2013 ada pada penambahan durasi jam waktu belajar siswa disekolah sehingga diharapkan agar siswa tidak melakukan tindakan negatif diluar sekolah yang diakibatkan oleh jam belajar disekolah sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Di SMK Negeri 2 Probolinggo. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dimana penulis menggambarkan atau menceritakan suatu pembelajaran ketika diterapkannya Kurikulum 2013. Hasil penelitian yang didapat saat penelitian adalah untuk kesiapan guru seperti penyusunan RPP yang dilakukan oleh guru sudah sangat optimal dan perencanaan pembelajaran juga sudah sangat optimal sedangkan untuk penyusunan penilaian dinyatakan telah optimal. Selanjutnya untuk proses pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal inti dan penutup sudah sangat optimal sedangkan untuk proses penilaian dinyatakan optimal dalam menerapkan kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat dinyatakan bahwasanya untuk proses pembelajaran sudah sangat optimal ketika menerapkan Kurikulum 2013 namun untuk penyusunan dan proses penilaian guru masih kurang baik dalam menerapkannya. Ada banyak faktor penghambat yang dirasakan guru terutama dalam hal penilaian. Terutama instrumen penilaian untuk Kurikulum 2013 masih dirasa terlalu banyak oleh guru sehingga guru kesulitan antara membagi waktu dengan menilai dan memberikan materi sedangkan untuk faktor pendukung sudah baik seperti sarana dan prasarana yaitu LCD Laptop dan pelatihan yang didapatkan oleh guru sudah dikatakan baik. vi ABSTRACT Syakroni Muhammad. 2015. The application of curriculum of 2013 on subjects of Basic Electrical Engineering Automotive Class X TKR III At SMK Negeri 2 Probolinggo.Thesis Department Of Mechanical Engineering Faculty Of Engineering State University Of Malang. Supervisor (I) Drs. Partono M. Pd. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Keyword application of Curriculum 2013 It is high time the curriculum change was done because during this education curriculum that is not emphasized human resources development that character. Students more thronged with rote not actual science competency and is indispensable in everyday life. KTSP curriculum is too focused on the cognitive aspect of the drip. The subjects the student weighs too much so. KTSP curriculum teachersmore actively from the student curriculum while for 2013 more active students. The concept of Curriculum 2013 are meant to be able to direct education towards the aimsand intended learning activities in a thoroughly. 2013 curriculum focus all subjectsmust support all competence both in attitude knowledge and skills. The differencethere is in addition the 2013 Curriculum duration hours study time students in all schools so it is expected that students do not do negative actions outside of schoolcaused by hours of learning in all schools a bit. This research aims to study how the application of curriculum of 2013 on subjects of Basic Electrical Engineering Automotive In SMK Negeri 2 Probolinggo. The research method used is descriptive quantitative methods in which the author describes ornarrates a learning when implementing Curriculum 2013. Research results are obtained when the research was for the readiness of teacherssuch as preparation of the RPP made by teachers is highly optimized and planning of learning have also been highly optimized while for the preparation of the assessmentstated have been optimal. Next to the learning process which consists of initialactivities core and cover have been highly optimized. As for the assessment processwas optimized in implementing curriculum 2013. Based on the results above it can be stated that for the learning process has been very useful when implementing Curriculum 2013. However for the preparation andprocess of assessment of teachers still lacking both in applying it. There are a lot of factors perceived barrier to teachers especially in terms of assessment. Curriculumassessment for instruments primarily 2013 is still considered too much by the teacher so the teacher trouble between divide time by assessing and providing material. As for the supporting factors are good such as facilities and infrastructure i.e. LCD Laptop and acquired by the teacher training was said to be good.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43342

Actions (login required)

View Item View Item