Ansyori, Isa (2015) Hubungan sarana prasarana bengkel otomotif dan motivasi belajar dengan prestasi praktik kerja bengkel otomotif alat berat mata pelajaran motor starter siswa SMK Negeri 6 Malang / Isa Ansyori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ansyori Isa. 2015.Hubungan Sarana PrasaranaBengkel OtomotifdanMotivasi Belajar denganPrestasi Praktik Kerja Bengkel OtomotifAlat Berat Mata Pelajaran Motor Starter Siswa SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Anny Martiningsih M.Kes. (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci sarana prasarana bengkel otomotif motivasi belajar prestasi praktik alat berat SMK Negeri 6 Malang. Pencapaian hasil belajar (prestasi) siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah sarana prasarana dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Motor Starter SMKN 6 Malang masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah SKM (Standard Ketentuan Minimal). Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh sarana prasarana bengkel otomotif dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Motor Starter siswa program keahlian Otomotif kelas X Alat Berat SMKN 6 Malang baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan hubunganSarana Prasarana terhadap Prestasi belajar praktik kerja bengkelotomotif alat berat pada siswa SMKN 6 Malang. 2)Mendeskripsikan pengaruh Motivasi terhadap Prestasi praktik kerja bengkelotomotif alat berat pada siswa SMKN 6 Malang. 3)Mendeskripsikan hubungan Sarana Prasarana dan Motivasi terhadap Prestasi praktik kerja bengkelotomotif alat berat pada siswa SMKN 6 Malang. Populasi dalam penelitian adalah siswa program keahlian Otomotif kelas X Alat Berat yang berjumlah 32 siswa. Peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu sarana prasarana (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X1 (sarana prasarana) dan X2 (motivasi) terhadap variabel Y (prestasi) adalah sebasar 10 2 % dan besarnya variabel lain yang mempengaruhi variabel Y adalah 89 8 %. Ditemukan bahwa sebagian siswa kelas X Alat Berat SMKN 6 Malang yakni 41% (13 dari 32 siswa) menyatakan memiliki motivasi yang Kurang Baik. Hal ini disebabkan karena Sarana Prasarana Area Kerja Bengkel Otomotif yang ada masih kurang tercukupi. hubungan antara sarana prasarana terhadap prestasi menunjukkan signifikan dan hubungan motivasi dengan prestasi signifikan maka hasil korelasi kedua variabel yaitu sarana prasarana dan motivasi berhubungan terhadap prestasi siswa. Saran penelitian ini adalah pihak sekolah hendaknya lebih menunjang sarana prasarana serta secara berkala mengecek dan memantau peralatan dan bahan praktikum yang ada pada bengkel otomotif. Bagi pengguna bengkel otomotif disarankan untuk menjaga dan merawat kondisi tempat praktikum agar dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan aman dan nyaman.Perlu adanya peningkatan motivasi baik dari siswa sendiri maupun dari guru agar siswa terdorong untuk mencapai cita-citanya dan meningkatkan kemampuan belajarnya agar mendapat hasil belajar (prestasi) yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |