Septyawan, Hendra (2015) Analisis penggunaan CDI pada daya sepeda motor / Hendra Septyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Septyawan Hendra. 2015. Analisis Penggunaan CDI pada Daya Sepeda Motor. Skripsi Jurusan Teknik Mesin S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eddy Rudiyanto M. Pd. (2) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata kunci CDI DC racing CDI DC standar daya Performa mesin pada sepeda motor bawaan pabrik atau standar yang dirasa kurang maksimal membuat pengguna sepeda motor memutuskan untuk menggunakan produk-produk aftermarket untuk meningkatkan daya yang dihasilkan mesin sepeda motor. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya yang dihasilkan mesin sepeda motor bisa dilakukan dengan memaksimalkan kinerja sistem pengapian guna memperoleh waktu pembakaran yang tepat agar campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan kinerja motor menjadi meningkat sehingga daya yang dihasilkan mesin sepeda motor juga ikut meningkat. Oleh karena itu penggunaan CDI DC racing sebagai komponen pengapian yang bertugas untuk mengatur waktu pengapian dalam ruang bakar mesin diharapkan mampu meningkatkan daya secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui daya yang dihasilkan sebuah sepeda motor yang menggunakan CDI DC standar (2) Untuk mengetahui daya yang dihasilkan sebuah sepeda motor yang menggunakan CDI DC racing (3) Untuk mengetahui besar perbedaan daya yang dihasilkan antara sepeda motor yang menggunakan CDI DC standar dengan yang menggunakan CDI DC racing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Obyek dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Vega R 110cc tahun 2007. Analisis data yang dipakai adalah analisis Paired Sample T Test dengan menggunakan program SPSS 20 for Windows. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata daya maksimal yang dihasilkan CDI DC standar pada putaran mesin 4500 rpm adalah 9 7126 Hp dan yang dihasilkan CDI DC racing pada putaran mesin 4500 rpm adalah 9 527 Hp. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan CDI DC standar pada sepeda motor menghasilkan rata-rata daya yang lebih besar dibandingkan CDI DC racing tetapi berdasarkan hasil tersebut tidak menunjukkan adanya perbedaan daya yang signifikan antara sepeda motor yang menggunakan CDI DC standar dengan yang menggunakan CDI DC racing. Disarankan agar penggunaan CDI DC standar harus tetap diterapkan pada sepeda motor standar karena memberikan dampak positif pada sepeda motor. Selain itu agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penggunaan CDI DC racing CDI DC standar CDI AC standar dan CDI AC racing dengan variasi saat pengapian (ignition timing) terhadap daya emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |