Analisis faktor-faktor penghambat pelaksanaan kurikulum 2013 pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK di Kabupaten Blitar / Jurianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor penghambat pelaksanaan kurikulum 2013 pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK di Kabupaten Blitar / Jurianto

Jurianto (2015) Analisis faktor-faktor penghambat pelaksanaan kurikulum 2013 pada kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK di Kabupaten Blitar / Jurianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jurianto. 2015. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Di Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Drs. Eddy Rudiyanto M.Pd. Kata kunci Faktor-faktor Penghambat Kurikulum 2013 Kurikulum sangat penting untuk dunia pendidikan karena merupakan kunci utama untuk mencapai sukses dalam dunia pendidikan (Poerwati dan Amri 2013 2). Pemerintah telah menetapkan penerapan Kurikulum baru mulai Tahun ajaran 2013/2014 yaitu Kurikulum 2013 yang menggantikan Kurikulum sebelumnya. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap guru menunjukan bahwa sebagian besar guru baik yang sudah bersertifikasi maupun yang belum bersertifikasi tidak tahu mengenai isi dari kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui tingkat hambatan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Kabupaten Blitar dilihat dari faktor guru (2) Untuk mengetahui tingkat hambatan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Kabupaten Blitar dilihat dari faktor peserta didik (3) Untuk mengetahui tingkat hambatan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Kabupaten Blitar dilihat dari faktor sarana prasarana (4) Untuk mengetahui tingkat hambatan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Kabupaten Blitar dilihat dari faktor evaluasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK di Kabupaten Blitar yang terdapat kompetensi keahlian TKR dan menerapkan Kurikulum 2013 yang berjumlah 17 sekolah dan diambil 4 sekolah sebagai sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat hambatan penerapan Kurikulum 2013 dilihat dari faktor Guru adalah cukup dengan persentase 48% dari faktor peserta didik adalah cukup dengan persentase 50% dari faktor sarana prasarana adalah rendah dengan persentase 42% dan dari faktor Evaluasi adalah cukup dengan persentase 45%. Dengan demikian dapat disarankan agar pemerintah tetap mempertahankan Kurikulum 2013 ini karena merupakan kurikulum yang paling sesuai untuk diterapkan saat ini dengan memberikan sosialisasi dan pengawasan yang lebih agar Kurikulum 2013 bisa berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43332

Actions (login required)

View Item View Item