Azzahrudin, Rizal Dita Maulana (2015) Pengaruh pengguna model pembelajaran mastery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan (sistem starter) di SMK Negeri 1 Singosari / Rizal Dita Maulana Azzahrudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Azzahrudin Rizal Dita Maulana. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (sistem starter) di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.Purnomo S.T. M.Pd. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Model Pembelajaran Hasil Belajar Sistem Starter SMK Salah satu masalah besar yang hingga saat ini masih menyelimuti dunia pendidikan di Indonesia ialah masih rendahnya mutu dan kualitas pendidikan yang sekarang ini tercermin dari masih rendahnya nilai rata-rata prestasi atau hasil belajar siswa. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran yang mencakup model metode dan teknik yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran mastery learning dan konvensional terhadap hasil belajar siswa serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran mastery learning dan konvensional pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan (sistem starter) di SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Populasi adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Singosari tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian yaitu kelas XI TKR 3 sebagai kelas konvensional dan kelas XI TKR 4 sebagai kelas mastery learning. Instrumen tes diuji coba dan hasilnya dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang baik antara hasil belajar siswa pada kelas mastery learning dengan hasil belajar siswa pada kelas konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest untuk kelas mastery learning 81 33 dan kelas konvensional 72 86. Selain hal itu jika dilihat dari indikator ketuntasan belajar yang dicapai oleh siswa kelas mastery learning juga lebih baik daripada kelas konvensional yaitu 100% (32 siswa) dibandingkan 34 37% (11 siswa). Dapat disimpulkan bahwa hal ini sesuai dengan hipotesis yaitu terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas mastery learning dan kelas konvensional. Bagi guru disarankan memilih model pembelajaran yang baik salah satunya model pembelajaran mastery learning ini. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan model tersebut dapat membantu siswa untuk mencapai nilai ketuntasan belajarnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |