Syarifah, Rif’atul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Matematika pada Materi Transformasi Geometri untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran merupakan aspek penting dalam menumbuhkan minat atau ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran yang sedang marak digunakan adalah media pembelajaran digital. Terlepas dari dampak masa pasca-pandemi, media pembelajaran digital memiliki banyak keunggulan. Media pembelajaran digital memberikan visualisasi yang lebih jelas terhadap konsep matematika. Matematika memiliki berbagai materi, termasuk transformasi geometri. Transformasi geometri adalah materi matematika yang terkait dengan bentuk-bentuk geometri. Oleh karena itu, materi transformasi membutuhkan visualisasi yang lebih tepat dan menarik sehingga mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan keunggulan media pembelajaran digital dan kebutuhan visualisasi pada materi transformasi geometri, maka media pembelajaran digital dapat menjadi solusi untuk memvisualisasikan materi transformasi geometri secara tepat. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan wawancara yang dilakukan di sebuah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Pamekasan, peneliti menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri dan prosesnya. Selain itu, dengan menggunakan buku cetak dan papan tulis, siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam kegiatan belajar mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran digital untuk membangun motivasi belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital untuk membangun motivasi belajar siswa, dalam proses pengembangannya penelitian media menggunakan tahapan penelitian ADDIE. Penelitian dilakukan di MAN di Kabupaten Pamekasan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas XI yang sudah menempuh materi transformasi geometri. Penelitian dilakukan dengan media pembelajaran yang dikembangkan memanfaatkan google sites sebagai dasar utama pembentukan website. Google Sites merupakan situs pembuatan website secara gratis. Dalam pengembangannya media pembelajaran menggunakan beberapa komponen pendukung diantaranya; Canva sebagai pembuatan animasi video pembelajaran, Power point sebagai alat bantu untuk pembentukan storyboard, Live Worksheet sebagai pendukung pembuatan media pembelajaran agar lebih interaktif, Google Form sebagai latihan soal dan survey kepuasan pengguna, dan GeoGebra sebagai bentuk visualisasi dari materi transformasi geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital yang dikembangkan untuk materi transformasi geometri yang ditampilkan dalam sebuah website dapat diakses melalui smartphone maupun komputer. Hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi secara berturut-turut menunjukkan skor sebesar 82,9% dan 78,33%. Dengan demikian, hasil uji praktis yang dilakukan oleh pengajar dan siswa secara berturut-turut menunjukkan skor sebesar 95,6% dan 96,3% berdasarkan kuesioner yang diisi oleh pengajar dan siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran digital ini dianggap sangat praktis. Selain itu, hasil uji efektivitas berdasarkan hasil pertanyaan latihan menunjukkan bahwa 100% siswa lulus standar ketuntasan minimum, sementara kuesioner tentang motivasi belajar yang dijawab oleh siswa menunjukkan skor rata-rata sebesar 97,2%. Dengan demikian, media pembelajaran digital ini dianggap sangat efektif dipergunakan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital ini secara holistik cocok dipergunakan untuk pembelajaran matematika mengenai materi transformasi geometri dan dapat membangun motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:43 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:43 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4333 |
Actions (login required)
View Item |