Marda, Hardiyatna Tri (2015) Hubungan antara prestasi belajar bidang keahlian prokduktif dengan kematangan karir pada siswa otomotif kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI Ngrayun / Hardiyatna Tri Marda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Tri Marda Hardiyatna. 2015. HubunganAntaraPrestasiBelajarBidangKeahlianProduktifDenganKematanganKarirPadaSiswaOtomotifKelas XII TeknikKendaraanRingan SMK PGRI Ngrayun. Skripsi. S1 PendidikanTeknikOtomotif.JurusanTeknikMesin. FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. PartonoM.Pd (2) Drs. Ir. MustamanM.Pd Kata Kunci PrestasiBelajarBidangKeahlianProduktifDanKematanganKarir. Siswa SMK jurusanteknikkendaraanringankelas XII memilikikompetensimatapelajaranbidangkeahlianproduktif. Kelompokmatapelajaraproduktifataubidangkeahlianproduktifadalahsalahsatukelompokmatadiklat yang berfungsimembekalipesertadidik agar memilikikompetensikerjasesuaiStandarKompetensiKerjaNasional Indonesia. Namunsecaraumumtingkatkecerdasan kemampuandanketerampilansetiapsiswamempunyaiperbedaan yang menyebabkanprestasibelajarsetiapsiswaberbeda. Kualitaspendidikansiswadapatdilihatmelaluiprestasibelajar karenaprestasibelajartersebutmenunjukansejauhmanatingkatpenguasaansiswaterhadapmatapelajaran yang ditempuhsertameningkatkanketerampilandanpengetahuan yang berhubungandengankualitaskematangankarirdarisetiapindividusiswa. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarhubunganantaraprestasibidangkeahlianproduktifdengankematangankarirsiswakelas XII TeknikKendaraanRingan SMK PGRI Ngrayun. Penelitianinibersifatdeskriptifkorelasional. Denganteknikpengumpulan data berupadokumentasiprestasibelajarbidangkeahlianproduktifdanteskuisionertentangkematangankarirsiswakelas XII TeknikKendaraanRingan.Variabelpenelitianiniterdiridarivariabelbebasdanterikat variabelbebasyaituprestasibelajarbidangkeahlianproduktifsedangkanvariabelterikatadalahkematangankarir. Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XII yang terbagidalamduakelasyaitukelas TKR I dankelas TKR II denganjumlah 46 siswa. Dalampenelitianinididapatkanhasil yang signifikandariujiregresisederhanaantaravariabelprestasibelajarbidangkeahlianproduktifdengankematangankarir dapatdibuktikandengannilai t hitung 4.243 dengannilaisignifikansi 0 000 0 05 sertanilai koefisien X sebesar 0 438 yang berarti apabila prestasi belajar bidang keahlian produktif meningkat 1 poin maka kematangan karir ( Y ) akan meningkat sebesar 0 438 poin.Hasiltersebutjugadiperkuatdengananalisiskoefisienkorelasisebesar 0 663 atau 66 3 % yang memilikiartibahwahubunganantarakeduavariabeldalamkategorikuat. Dari ringkasanpembahasan di atasdapatdikatakanbahwakematangankariramatlahpentingbagisetiapindividusiswa. Siswa yang kurangmemilikikesadaranmengenaikemampuandanminat yang dimiliki dapatmemilikipersepsi yang salahtentangkarir yang akandipilihdanmenyebabkankurangtermotivasidalammenjalankanbidangkarir yang dipilihnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |