Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran pengapian pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Mikdat Hawari - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran pengapian pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Mikdat Hawari

Hawari, Mikdat (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran pengapian pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2014/2015 / Mikdat Hawari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hawari Mikdat. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengapian pada Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang Tahun Ajaran 2014/2015 . Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.H. Sumarli M.Pd M.T (2) Drs. Partono M.Pd Kata Kunci Faktor faktor Hasil Belajar Pengapian Malang. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor internal dan eksternal yang meliputi minat bakat motivasi kesehatan jasmani cacat tubuh ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah kebiasaan belajar lingkungan keluarga seperti orang tua lingkungan sekolah seperti guru alat/media pengajaran kondisi gedung. Sistem pengapian pada mesin bensin berfungsi untuk membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar pada akhir langkah kompresi sehingga dihasilkan daya mekanik. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar dalam pengertian yang lebih luas mencakup bidang kognitif afektif dan psikomotorik. Hasil belajar yang dicapai oleh siswa merupakan hasil dari interaksi antara berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut terdiri dari faktor intern yang terdiri dari faktor jasmani psikologis dan kelelahan dan ekstern yang terdiri dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Kenyataan bahwa siswa bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan dalam mengikuti pembelajaran teori maupun kegiatan praktek masih terlihat ada hambatan-hambatan yang di alami sehingga masih ada siswa yang hasil belajarnya di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa (minat bakat motivasi kesehatan jasmani cacat tubuh ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah kebiasaan belajar lingkungan keluarga seperti orang tua lingkungan sekolah seperti guru alat/media pengajaran kondisi gedung) mata pelajaran Pengapian pada siswa kelas X TKR SMK PGRI 3 Malang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan angket. Metode dokumentasi adalah untuk mengetahui jumlah siswa dan hasil belajar siswa teknik kendaraan ringan SMK PGRI 3 Malang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 196 siswa dan diambil sampel sebanyak 131 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Adapun pengolahan data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS 19 for windows. Berdasarkan hasil analisis Regresi Linier Berganda tersebut diperoleh sebelas simpulan sebagai berikut yaitu kondisi gedung kesehatan jasmani ketaatan siswa motivasi keluarga alat/media guru minat kebiasaan belajar cacat tubuh tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dan bakat mekanik berpengaruh terhadap hasil belajar. Sedangkan saran (1) bagi pendidik atau guru mata pelajaran Pengapian SMK PGRI 3 Malang pada khususnya dan guru mata pelajaran lain pada umumnya diharapkan dapat memperhatikan kemudian menindak lanjuti faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dari sekian banyak faktor yang ada sehingga peneliti berharap dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Bagi sekolah berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah dalam memperbaiki hasil belajar siswa guna meningkatkan mutu pendidikan sekolah. (3) Bagi peneliti selanjutnya yang berkeinginan melakukan penelitian sejenis disarankan untuk dapat mengidentifikasi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar. (4) bagi siswa dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43325

Actions (login required)

View Item View Item