Rancang bangun alat uji sensor manifold absolute pressure (MAP) berbasis mikrokontroler / Rafiq Aulia Sasono - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun alat uji sensor manifold absolute pressure (MAP) berbasis mikrokontroler / Rafiq Aulia Sasono

Sasono, Rafiq Aulia (2015) Rancang bangun alat uji sensor manifold absolute pressure (MAP) berbasis mikrokontroler / Rafiq Aulia Sasono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasono Rafiq Aulia. 2015. Rancang Bangun Alat Uji Sensor Manifold Absolute Pressure (MAP) Berbasis Mikrokontroler. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Muda Nauri S.T M.T (II) Drs. Syamsul M.Pd Kata kunci Alat Uji Mikrokontroler ATmega16 Manifold Absolute Pressure Pada mesin EFI terdapat berbagai macam sensor yang digunakan sehingga diperlukan suatu alat yang berfungsi untuk mengukur tingkat kerusakan sensor pada sistem injeksi elektronik terutama pada sensor Manifold Absolute Pressure sensor ini berfungsi mengetahui jumlah udara yang masuk kedalam intake manifold apabila sensor ini mengalami kerusakan mengakibatkan penginjeksian bahan bakar menjadi tidak akurat dan mengakibatkan kinerja mesin tidak normal. Pentingnya alat uji sensor Manifold Absolute Pressure ini dalam bidang otomotif berfungsi membantu dalam pengujian sensor MAP secara akurat. Tujuan dari penelitian pengembangan ini mendapatkan suatu produk berupa perangkat lunak dan perangkat keras yang diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pengembangan alat uji sensor MAP berbasis mikrokontoler. Metode penelitian ini Research and Development yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah penelitian 1) Merumuskan potensi dan masalah 2) Mengumpulkan informasi dan data 3) Mendesain produk 4) Validasi ahli 5) Revisi produk 6) Ujicoba produk 7) Revisi produk akhir. Berdasarkan dari hasil penelitian produk rata-rata validitas adalah 95 83% dengan rincian 100% untuk LCD 100% pembacaan voltase 100% pengukuran tekanan vakum dan kemudahan penggunaan alat 75%. Nilai-nilai tersebut mengimplikasikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi kriteria sebagai instrumen pengukuran. Dari hasil penelitian ini alat uji sensor Manifold Absolute Pressure berbasis mikrokontroler dapat digunakan sebagai alternatif alat uji sensor MAP. Untuk mendapatkan produk yang lebih optimal perlu dilakukan penyempurnaan lebih lanjut pada perangkat lunak dan perangkat keras agar kinerja keduanya lebih berkembang dari segi keakuratan dan kemudahan dalam penggunaan alat uji sensor MAP perlu adanya pengembangan alat uji sensor dengan menggunakan sensor yang berbeda seperti pengujian sensor TPS dan MAF sensor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43321

Actions (login required)

View Item View Item