Hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Mata Diklat Chasis SMK Negeri 6 Malang / Deny Dwi Prasetya Wardhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Mata Diklat Chasis SMK Negeri 6 Malang / Deny Dwi Prasetya Wardhana

Wardhana, Deny Dwi Prasetya (2015) Hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Mata Diklat Chasis SMK Negeri 6 Malang / Deny Dwi Prasetya Wardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardhana Deny Dwi Prasetya. 2015. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Mata Diklat Chasis SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Mustman M.Pd (2) Drs. Syamsul Kata Kunci Kedisiplinan Prestasi Belajar. Kedisiplinan besar pengaruhnya dalam menciptakan perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan dan keteraturan. Kedisiplinan yang didasarkan kejujuran keiklasan dan tanggung jawab memerlukan proses latihan yang cukup lama. Oleh karena itu pengenalan kedisiplinan pada anak dapat dilakukan dirumah maupun disekolah. Dalam prestasi belajar siswa agar mencapai hasil yang maksimal maka kedisiplinan dalam belajar harus ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif diskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Malang Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa progam keahlian teknik kendaraan ringan SMK Negeri 6 Malang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data kedisiplinan siswa. Sedangkan prestasi belajar mengambil data dari nilai raport mata diklat chasis. Analisis data dalan penelitian ini menggunakan analisis korelasi pearson untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kedisiplinan terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian kedisiplinan siswa kelas XI yang berjumlah 41 siswa memiliki predikat sangat baik 5 siswa atau 12% dan 31 siswa atau 76% memiliki predikat baik sedangkan 5 siswa atau 12% memiliki predikat cukup.Maka dapat diinput dari 41 siswa mayoritas memiliki kedisiplinan dengan predikat baik atau kategori tinggi. Prestasi belajar siswa kelas XI yang berjumlah 41 siswa memiliki predikat sangat baik 8 siswa atau 19 5% dan 33 siswa atau 80 5% memiliki predikat baik. Maka dapat diinput dari 41 siswa mayoritas memiliki kedisiplinan dengan predikat baik atau kategori tinggi. Korelasi antara variable kedisiplinan dengan prestasi belajar didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0 942 dan dapat disimpulkan bahwa hubungan sangat kuat karena berada pada rentang 0 80 1 00. Nilai signifikansi p (0 000) bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43320

Actions (login required)

View Item View Item