Pengembangan media pembelajaran matakuliah Sistem Chasis berbasis e-learning menggunakan edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang / Khusnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matakuliah Sistem Chasis berbasis e-learning menggunakan edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang / Khusnaini

Khusnaini (2015) Pengembangan media pembelajaran matakuliah Sistem Chasis berbasis e-learning menggunakan edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang / Khusnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnaini. 2015. PengembanganMediaPembelajaranMatakuliahSistemChasis BerbasisE-learning MenggunakanEdmodountukProdiPendidikanTeknikOtomotif Di UniversitasNegeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Marji M.Kes. (2) Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci media pembelajaran sistem chasis e-learning edmodo Pembelajaranadalahkegiatan guru secaraterprogramdalamdesaininstruksional untukmembuatsiswabelajaraktif yang menekankanpadapenyediaansumberbelajar. Disisi lain salahsatumatakuliah yang harusdikuasaimahasiswaProdi Pend. Teknik otomotifadalahsistemChasis (sistem kemudi dan sistem rem) yang wajibditempuhpada semester 5.Namun pembelajaran dikelas bersifat konvensional dengan waktu waktu terbatas sehingga membuat mahasiswa kurang aktif dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Akan tetapi dengan kemampuan mahasiswa untuk mengakses internet merupakan dukungan untuk memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan edmodo.Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Untukmenghasilkanmodel pembelajarane-learningmenggunakanedmodountukmatakuliahsistemchasis. (2) Untukmengetahuiefektifitas model pembelajarane-learningmenggunakanedmododalampembelajaransistemchasis di Program StudiPendidikanTeknikOtomotifUniversitasNegeri Malang. Metode penelitian pengembangan yang digunakan mengadopsi dari tahapan ADDIE yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini berupa kuisioner yang telah telah divalidasi oleh ahli instrumen. Instrumen kemudian diberikan kepada ahli media ahli materi uji kelompok kecil dan uji lapangan berupa pre test dan post test terhadap 15 mahasiswa. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif hasil wawancara pada tahap analysisdan data kuantitatif untuk menilai kevalidan produk media yang dihasilkan. Hasil validasi angket instrumen menunjukkan skor 100 % validasi ahli media menunjukkan skor 91 % validasi ahli materi menunjukkan skor 94 5 % uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 70 4 % dan hasil pre test dan post test pada uji lapangan mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswasebesar 15 34 %. Kesimpulan dari penilaian keseluruhan media pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan layak digunakan. Hasil revisi media ini meliputi penulisan dalamsoalevaluasi serta tatapenulisanmodul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43317

Actions (login required)

View Item View Item