Pengaruh model pembelajaran kuantum dan model pembelajaran kontekstual berbasis PAKEM terhadap keefektifan pembelajaran matadiklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto / Wahyu Aprilianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kuantum dan model pembelajaran kontekstual berbasis PAKEM terhadap keefektifan pembelajaran matadiklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto / Wahyu Aprilianto

Aprilianto, Wahyu (2015) Pengaruh model pembelajaran kuantum dan model pembelajaran kontekstual berbasis PAKEM terhadap keefektifan pembelajaran matadiklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto / Wahyu Aprilianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilianto Wahyu. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum dan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis PAKEM terhadap Keefektifan Pembelajaran Matadiklat Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat S.T. M.Pd (II) Drs. H. Sumarli M.Pd MT. Kata Kunci model pembelajaran quantum model pembelajaran kontekstual keefektifan pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kuantum dan model pembelajaran kontekstual berbasis PAKEM terhadap keefektifan pembelajaran Matadiklat Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari dua variabel bebas yaitu model pembelajaran kuantum berbasis PAKEM (X1) dan model pembelajaran kontekstual berbasis PAKEM (X2) terhadap variabel terikat yaitu keefektifan pembelajaran pada matadiklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan (Y) yang pengumpulan datanya menggunakan angka atau nilai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan nilai rata-rata yang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata awal pada kelas eksperimen sebesar 67 6 dan nilai rata-rata akhir sebesar 76 2 berarti terjadi kenaikan sebesar 12 7 %. Nilai rata-rata awal kelas kontrol sebesar 66 55 dan nilai rata-rata akhirnya sebesar 74 1 berarti terjadi kenaikan sebesar 11 4 %. Kesimpulan penelitian ini adalah keefektifan model pembelajaran kuantum berbasis PAKEM memiliki tingkat keefektifan paling tinggi daripada keefektifan pembelajaran model kontekstual berbasis PAKEM pada matadiklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Saran yang dapat diajukan (1) bagi kepala sekolah dapat dijadikan sebagai masukan supaya mengharuskan dalam menggunakan beberapa model pembelajaran guna meningkatkan keefektifan pembelajaran (2) bagi guru bidang mata pelajaran produktif diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan agar berkenan mempertimbangkan penggunaan berbagai model pembelajaran (3) bagi siswa dapat lebih mengembangkan potensi yang ada dengan maksimal (4) bagi peneliti sebagai tambahan pengetahuan tentang model pembelajaran dan dapat digunakan sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya (5) bagi peneliti selanjutnya hendaknya untuk lebih mengembangkan isi dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43316

Actions (login required)

View Item View Item