Susilo, Ferry Cahyo (2015) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis autoplay pada materi pokok sistem rem untuk kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Ferry Cahyo Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Susilo Ferry Cahyo. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis AutoPlay pada Materi Pokok Sistem Rem untuk Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs.Partono M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif sistem rem. Materi pokok sistem rem merupakan salah satu materi yang terdapat dalam program keahlian teknik kendaraan ringan dimana di dalamnya terdapat kompetensi memahami sistem rem. Kaitanya dengan hal di atas berdasarkan hasil wawancara dengan Ketua Jurusan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang pada proses belajar mengajar mata pelajaran sistem rem pada saat praktikum siswa belum menguasai materi secara mendalam. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dan konsentrasi siswa ketika materi disampaikan oleh guru di dalam kelas. Selain itu siswa terlihat lebih menyukai melakukan praktikum secara langsung dengan objek tanpa memahami materi sebelumnya. Ketidak tertarikan siswa ini disebabka belum tersedianya media pembelajaran yang mampu membuat siswa memahami materi yang sampaikan. Untuk mengatasi hal tersebut maka menurut peneliti perlu diadakannya pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi pokok sistem rem untuk kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 11 Malang sehingga guru tidak lagi kesulitan dalam menjelaskan materi dan guru tidak perlu melakukan demonstrasi secara berulang-ulang dan proses pembelajaran dapat berlangsung lebih menarik efektif dan efisien. Media pembelajaran multimedia interaktif tersebut juga dilengkapi dengan buku pegangan guru yang digunakan untuk panduan penggunaan media dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development/R D) yang menggunakan desain Sugiyono. Terdapat 10 langkah pengembangan model ini yaitu (1) Mengidentifikasi Kebutuhan (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Validasi Produk (7) Revisi Produk (8) Ujicoba Lapangan (9) Revisi Produk (10) Produksi Massal. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada ahli materi ahli media kelompok kecil dengan 6 responden (siswa) dan uji lapangan dengan 32 responden (siswa). Hasil validasi media pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMK Negeri 11 Malang. Hasil persentase validitas ahli materi sebesar 97 72% hasil persentase validitas ahli media sebesar 87 5% hasil dari persentase validitas uji kelompok kecil sebesar 91% dan hasil validasi dari kelompok besar atau uji coba lapangan sebesar 91 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |