Pengaruh pemakaian jenis bahan bakar dan putaran mesin terhadap produk emisi gas buang pada mesin Honda Vario Techno 125 / Happy Aditya

Aditya, Happy (2015) Pengaruh pemakaian jenis bahan bakar dan putaran mesin terhadap produk emisi gas buang pada mesin Honda Vario Techno 125 / Happy Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aditya, Happy. 2014. Pengaruh Pemakaian Jenis Bahan Bakar dan Putaran Mesin Terhadap Produk Emisi Gas Buang pada Mesin Honda Vario Techno 125. Skripsi, Jurusan Teknik Otomotif, fakultas teknik mesin universitas negeri malang. Pembimbing: (1) Drs. Paryono, S.T.,M.T., (2) Drs. Solichin, S.T.,M.Kes. Kata Kunci : Jenis Bahan Bakar, Variasi Putaran Mesin, Gas Buang, Vario Techno 125 Dalam memproduksi kendaraan, produsen juga dituntut untuk memperhatikan masalah pencemaran lingkungan mengingat sebagian besar polusi lingkungan disebabkan oleh industri dan produk gas buang kendaraan bermotor. Gas buang ini sangat berbahaya pada kesehatan manusia dalam jangka waktu panjang. Maka dari itu bannyak hal yang dilakukan untuk menangani masalah polusi udara yang berasal dari gas buang kendaran bermotor. Tujuan penelitian ini adalah (1) Membandingkan kadar CO dan HC antara penggunaan jenis bahan bakar premium dan pertamax 92 pada kendaran Honda Vario Techno 125; (2) Membandingkan kadar CO dan HC pada kendaran Honda Vario Techno 125 saat putaran mesin rendah,menengah, dan tinggi untuk penggunaan jenis bahan bakar premium dan pertamax 92; dan (3) interaksi antara variasi putaran dan jenis bahan bakar premium dan pertamax 92 yang berpengaruh terhadap kadar gas buang. Penelitian dilakukan di Laboratorium Suzuki UM untuk menguji kadar gas buang pada mesin Honda Vario Techno yang menggunakan bahan bakar premium dan pertamax 92 yang menggunakan bahan bakar premium dan pertamax 92. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk menguji efek dari suatu perlakuan atau desain baru dengan membandingkan satu atau lebih kelompok dengan perlakuan baru terhadap satu atau lebih kelompok lain tanpa perlakuan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah rancangan faktorial 3 x 2 yang terdiri dari kandungan gas buang (CO dan HC); jenis putaran mesin rendah, menengah, dan tinggi; serta jenis bahan bakar premium dan pertamax 92. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan yang signifikan kadar gas buang CO dan HC pada mesin Honda Vario Techno 125 antara jenis bahan bakar premium dan pertamax 92; (2) Ada perbedaan yang signifikan kadar gas buang CO dan HC pada mesin Honda Vario Techno 125 antara putaran mesin rendah, menengah, dan tinggi; (3) Ada pengaruh yang sigifikan kadar gas buang CO dan HC antara penggunaan jenis bahan bakar dengan variasi putaran mesin. Saran bagi kalangan akademik adalah perlu penelitian lebih lanjut untuk melakukan penelitian di bidang yang sama tetapi menggunakan objek penelitian atau kendaraan yang keadaannya keseluruhan mesinnya masih dalam keadaan standart. Sedangkan bagi bidang otomotif perlu adanya pemahaman yang lebih mendalam tentang wacana pemilihan bahan bakar yang selektif yang akan digunakan pada kendaraan kita sesuai dengan perbandingan kompresi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43311

Actions (login required)

View Item View Item