Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berdasarkan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem kels X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang / Dwi Prabowo Pudyartoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berdasarkan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem kels X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang / Dwi Prabowo Pudyartoko

Pudyartoko, Dwi Prabowo (2015) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berdasarkan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem kels X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 10 Malang / Dwi Prabowo Pudyartoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pudyartoko Dwi Prabowo. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Berdasarkan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Rem Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Hasil Belajar Siswa. Masalah yang sering kali dijumpai di sekolah adalah metode pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran ke siswa. Siswa kurang berminat selama mengikuti pembelajaran karena metode yang digunakan terlalu monoton dan kurang menarik. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya prestasi belajar siswa. Dengan keadaan tersebut maka dibutuhkan sebuah metode pembelajaran dengan tingkat pemahaman yang tinggi agar dapat membuat prestasi belajar siswa meningkat. Dari permasalahan tersebut peneliti mencari solusi dengan mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) yang dapat diterapkan oleh guru. Penelitian ini termasuk dalam bentuk quasy experimental (eksperimen semu). Rancangan penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berdasarkan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 10 Malang. Bentuk desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah pretest posttest only design. Pada rancangan penelitian digunakan kelas-kelas yang telah ada atau yang telah terbentuk secara wajar (teknik kelompok). Instrumen perlakuan pengukuran berupa instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan akhir kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan 87 3333 sedangkan rata-rata kemampuan akhir kelompok kontrol setelah diberi perlakuan yaitu 75 3333. Dari hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kemampuan akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem kelas X teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 10 Malang. Melihat adanya pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) peneliti menyarankan sekolah-sekolah khususnya sekolah kejuruan (SMK) agar dapat mengembangkan dan menerapkannya sehingga dapat memotivasi guru untuk tidak menggunakan metode pembelajaran yang monoton yang dapat membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43310

Actions (login required)

View Item View Item