Evaluasi pembelajaran kompetensi memperbaiki kelistrikan bodi mobil kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang / Aryati Muhaymin Marali - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pembelajaran kompetensi memperbaiki kelistrikan bodi mobil kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang / Aryati Muhaymin Marali

Marali, Aryati Muhaymin (2015) Evaluasi pembelajaran kompetensi memperbaiki kelistrikan bodi mobil kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang / Aryati Muhaymin Marali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marali Aryati M. 2014. Evaluasi Pembelajaran Kompetensi Memperbaiki Kelistrikan Bodi Mobil Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. Program Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. H.Agus Sholah M.Pd. Kata Kunci evaluasi pembelajaran model evaluasi CIPP SMK PGRI 3 Malang Pendidikan dilaksanakan untuk meningkatkan potensi manusia lewat proses pembelajaran. Efektivitas pelaksanaan pembelajaran merupakan cerminan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kerberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat diukur dengan cara evaluasi guru hendaknya menjadi elevator yang baik. Hasil pelaksanaan evaluasi dijadikan sebagai tolak ukur dalam keberhasilan proses pembelajaran yang kedepannya seorang guru dapat mengerti apakah siswa yang mengikuti pelajaran dapat menerima apa yang telah dipelajari di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi variabel konteks (context) variabel masukan (input) variabel proses (process) variabel hasil (product) pembelajaran kompetensi memperbaiki kelistrikan bodi mobil kelas XII teknik kendaraan ringan SMK PGRI 3 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian yang berupa hasil evaluasi pembelajaran diperoleh dengan menggunakan instrumen angket atau kuisioner dokumentasi wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan dibuat oleh peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan instrumen dilakukan validasi isi pada Validator ahli. Kehiatan analisis data dimulai dari tahap penelaah data tahap identifikasi dan klasifikasi data. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa hasil variabel konteks secara evaluatif semua indikator yang pada variabel konteks(context) dapat dikategorikan baik sekali . Hasil variabel masukan (input) guru pengampu dapat dikategorikan baik sekali . Hasil variabel proses (process) mengenai pelaksanaan indikator-indikator perencanaan (plan) pelaksanaan (do) dan evaluasi (evaluation) berjalan dengan baik . Hasil variabel hasil (product) yaitu dilihat dari hasilbelajar yang diklasifikasikan menjadi 3 aspek dari hasil perhitungan presentase pada variabel hasil (product) dikategorikan baik karena siswa mendapatkan skor yang memuaskan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43309

Actions (login required)

View Item View Item