Pengaruh penerapan jobsheet sistem pengapian dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendarangan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Putra Prisma Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan jobsheet sistem pengapian dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendarangan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Putra Prisma Lestari

Lestari, Putra Prisma (2015) Pengaruh penerapan jobsheet sistem pengapian dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendarangan Ringan di SMK Negeri 11 Malang / Putra Prisma Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Putra Prisma. 2014. Pengaruh Penerapan Jobsheet Sistem Pengapian dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci jobsheet motivasi belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan 1) hasil belajar Praktik Sistem Pengapian siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang yang menggunakan jobsheet dengan yang tidak menggunakan jobsheet 2) perbedaan hasil belajar Praktik Sistem Pengapian siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendah dan 3) interaksi antara jobsheet dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis Factorial Design 2x2 dengan faktor 1) kelas Eskperimen Motivasi Belajar Tinggi 2) kelas Eksperimen Motivasi Belajar Rendah 3) kelas Kontrol Motivasi Belajar Tinggi 4) dan kelas Kontrol Motivasi Belajar Rendah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang yang terdiri dari dua kelas yaitu TKR 1 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan TKR 2 32 siswa siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berbentuk tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan non-tes berupa angket untuk mengukur motivasi belajar. Sedangkan analisis data yang digunakan 1) deskriptif untuk mendeskripsikan data hasil penelitian dan 2) inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan two-way anova. 12288 12288 12288 12288 Dari pengujian normalitas data menggunakan SPSS diketahui P-value untuk Uji Normalitas Lilliefors (Kolmogorov-Smirnov) dan Uji Normalitas Shapiro-Wilk lebih besar dari 945 0 05 sehingga H0 data berasal dari populasi yang terdistribusi normal tidak dapat ditolak. Pada uji homogenitas data angka signifikansi yang ada menunjukkan probabilitas (Nilai) 0 05 artinya data Nilai memiliki varian yang homogen atau data berasal dari populasi-populasi dengan varian yang sama. Dari statistika deskriptif menunjukkan purata (mean) 1) kelas kontrol motivasi belajar tinggi 64 38 2) kelas kontrol motivasi belajar rendah 47 81 3) kelas eksperimen motivasi belajar tinggi 83 91 dan 4) kelas eksperimen motivasi belajar rendah 73 91. 12288 12288 12288 12288 Analisis ragam dua arah menguji hipotesis sekaligus menyimpulkan dari penelitian ini 1) ada perbedaan hasil belajar Praktik Sistem Pengapian siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang yang menggunakan jobsheet dengan yang tidak menggunakan jobsheet 2) ada perbedaan hasil belajar Praktik Sistem Pengapian siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendah dan 3) ada interaksi antara jobsheet dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 11 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43308

Actions (login required)

View Item View Item