Pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan jobsheet terhadap hasil belajar siswa kelas XI TSM pada MaPel praktikum kelistrikan di SMK Negeri 1 Tegalsari / Ahmad Zaenovel - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan jobsheet terhadap hasil belajar siswa kelas XI TSM pada MaPel praktikum kelistrikan di SMK Negeri 1 Tegalsari / Ahmad Zaenovel

Zaenovel, Ahmad (2015) Pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) berbantuan jobsheet terhadap hasil belajar siswa kelas XI TSM pada MaPel praktikum kelistrikan di SMK Negeri 1 Tegalsari / Ahmad Zaenovel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zaenovel Ahmad. 2014. PengaruhMetodePemberianTugas (Resitasi) BerbantuanJobsheetterhadapHasilBelajarSiswaKelas XI TSM padaMapelPraktikumKelistrikan di SMK 1 Tegalsari.Skripsi JurusanTeknikMesin FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SyarifSuhartadi M.Pd. (II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci metodepemberiantugas (resitasi) jobsheet hasilbelajar Ada banyakfaktor yang dapatmempeangaruhibelajarsiswa faktortersebutbisaberasaldaridalamdirisiswa (intern) maupundariluardirisiswa (ekstern). Salah satufaktorekstern yang mempengaruhibelajarsiswaadalahmetodemengajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Metodemengajar yang efektifdapatmembantusiswabelajardenganbaiksehinggahasilbelajarnyadapatmaksimal.Selainitu media pembelajaran yang digunakanjugadapatmempengaruhihasilbelajarsiswa.Jobsheetadalah media pembelajaran yang efektifdigunakanuntukmatapelajaranpraktikum.Penggunaanmetodemengajardan media yang tepatakanmembuathasilbelajarsiswamenjadimaksimal. Berdasarkanhaltersebut tujuanpenelitianiniadalah (1) mendeskrip-sikanhasilbelajarsiswapadamapelpraktikumkelistrikandenganmetodekonvensional di SMK Negeri1 Tegalsari (2) mendeskripsikanhasilbelajarsiswapadamapelpraktikumkelistrikandenganmetodepemberiantugas (resitasi) berbantuanjobsheet di SMK Negeri 1 Tegalsari (3) mengetahuiperbedaan yang signifikanantarametodekonvensionaldanmetodepemberiantugas (resitasi) berbantuanjobsheetterhadaphasilbelajarsiswapadamapelpraktikumkelistrikan di SMK Negeri 1 Tegalsari. Penelitianinitermasukpenelitianeksperimensemudenganmenggunakandesainposttest only control design. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas XI TSM 1 dan XI TSM 2 di SMK Negeri 1 Tegalsari.Pemilihansubjekdenganmenggunakanteknikkelompokdenganmengambilseluruhsiswapadakelastersebut.Namun penentuankelassebagaikelompokkontroldankelompokeksperimendilakukansecaraacak.Teknikpengambilan data denganmenggunakantestulisposttest. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) hasilbelajarsiswapadamapelpraktikumkelistrikandenganmenggunakanmetodekonvensionalkurangbaik (2) hasilbelajarsiswapadamapelpraktikumkelistrikandenganmenggunakanmetodepemberiantugas (resitasi) berbantuanjobsheetlebihbaik (3) terdapat perbedaan yang signifikanantarametodekonvensionaldanmetodepemberiantugas (resitasi) berbantuanjobsheetterhadaphasilbelajarsiswapadamapelpraktikumkelistrikan di SMK Negeri 1 Tegalsari. Berdasarkanhasilpenelitianini disarankanagar guru pengampumapelpraktikumkelistrikankhususnyakelas XI dapatmenerapkanmetodepemberiantugas (resitasi) berbantuanjobsheetdalam proses pembelajaran. Karenahasilbelajarsiswa yang diajardenganmenggunakanmetodepemberiantugas (resitasi) berbantuanjobsheetlebihbaikdarimetodekonvensional yang cenderungkurangbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43303

Actions (login required)

View Item View Item