Irianto, Mario (2015) Pengaruh pemberian balikan ekspositorik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Dasar Otomotif (TDO) Teknik Kendaraan Ringan kelas X di SMK Negeri 10 Malang / Mario Irianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Irianto Mario. 2014. PengaruhPemberianBalikanEkspositorikTerhadapHasilBelajarPada Mata PelajaranTeknikdasarOtomotif (TDO) jurusanTeknikKendaraanRinganKelas X SMK Negeri 10 Malang. Skripsi FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SyarifSuhartadi M.Pd (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci Balikan (Feedback) Ekspositorik HasilBelajar TeknikDasarOtomotif (TDO). Padaawalstudiobservasi di SMK N 10 Malang matapelajaranteknikdasarotomotifdisampaikandenganmenggunakanmetodeceramahdanmetode remedial.Sedangkanmatapelajaranteknikdasarotomotifsendiridiperlukanpemahamansertadayaingatsiswa. Metodepembelajaranceramahdan remedial sendirimemilikikelemahan yang seringdialamiolehsiswayaitusiswadapatmerasakankejenuhan di dalam proses penyampaianmateri yang diberikanoleh guru dansiswakesulitan di dalampengerjaantugas-tugas yang diberikan. Dalamupayauntukmengatasipermasalahantersebutseorang guru diharapkanmampumenerapkanberbagaimetodepembelajaran yang merangsangsiswauntukturutaktifdalam proses pembelajaran.salahsatumetodepembelajaran yang bisadijadikanalternatifadalahperlakuanpemberianbalikanekspositorik. Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) mengetahuihasilbelajarsiswa yang diberibalikan(Feedback) EkspositorikKelas X SMKN 10 Malang padamatapelajaran TDO (2) Mengetahuihasilbelajarsiswa yang tanpadiberibalikan (Feedback) EkspositorikKelas X SMKN 10 malangpadamatapelajaran TDO (3) UntukmengetahuiPerbedaanhasilbelajarsiswaantara yang diberibalikan (feedback) Ekspositorikdan yang tidakdiberibalikan (Feedback) Ekspositoriksiswakelas X SMKN 10 malangpadamatapelajaran TDO. Rancanganpenelitian yang di gunakandalampenelitianadalahpenelitian( quasi experimental design) yang melibatkan 2 kelassebagaisubjek. Kelas TKR 3 sebagaisubjek 1 yang di beripemberianbalikandankelas TKR 4 sebagaisubjek 2 yang tidak di beribalikan. Penentuankelassebagaisubjekdilakukansecarapurposive sampling yaitudenganlangsungmenunjukkelas yang akan di jadikansubjekdalampenelitian. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa rata-rata nilaihasilbelajarkelaseksperimensebesar88 43. Nilai rata-rata hasilbelajarkelaskontrolsebesar79 87. Hasiluji t menunjukkanbahwa (Sig) 0 05 (0 000 0 05). Hasiltersebutmenunjukkan p 0 05 yang berarti Ho ditolak. Dengandemikianmenunjukkanbahwaterdapat perbedaanantarahasilbelajarSiswakelas X di SMKN 10 Malang yang diberipemberianbalikan (Feedback) ekspositorikdengan yang tidak di beripemberianbalikanpadamatapelajaran (TDO). Dari deskripsiumumhasilpenelitian pengujianhipotesisdanpembahasandapatdisimpulkanbahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa terdapat perbedaanantarahasilbelajarantara yang diberipemberianbalikan (Feedback) ekspositorikdengan yang tidak di beripemberianbalikanpadamatapelajaran (TDO) Siswakelas X di SMKN 10 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |