Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran pengukuran, siswa kelas X kompetensi keahlian teknik sepeda motor SMK Negeri 1 Ampelgading dan SMK Karya Bhakti / Riky Hadi Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran pengukuran, siswa kelas X kompetensi keahlian teknik sepeda motor SMK Negeri 1 Ampelgading dan SMK Karya Bhakti / Riky Hadi Irawan

Irawan, Riky Hadi (2015) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran pengukuran, siswa kelas X kompetensi keahlian teknik sepeda motor SMK Negeri 1 Ampelgading dan SMK Karya Bhakti / Riky Hadi Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadi Irawan Riky September 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pengukuran Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri I Ampelgading Dan SMK Karya Bhakti. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H Amat Nyoto M.Pd. (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif Hasil Belajar Siswa Motivasi 12288 12288 12288 12288 Proses belajar mengajar yang berkembang di kelas umumnya ditentukan oleh peran guru dan siswa sebagai individu-individu yang terlibat langsung di dalam proses tersebut. Hasil belajar siswa itu sendiri sedikit banyak tergantung pada cara guru menyampaikan pelajaran pada anak didiknya. Oleh karena itu kemampuan serta kesiapan guru dalam mengajar memegang peranan penting bagi keberhasilan proses belajar mengajar pada siswa. Hal ini menunjukkan adanya keterkaitan antara hasil belajar siswa dengan metode mengajar yang digunakan oleh guru. Pengukuran merupakan salah satu pelajaran yang membutuhkan tingkat ketelitian dan kecermatan. Sehingga dapat menjadikan siswa mampu berfikir secara logis dan sistematis. Berdasarkan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran Pengukuran di kelas X TSM 1 dan TSM 2 SMKN Ampelgading dan kelas X SMK Karya Bhakti Tirtoyudo kelas OTO-1 dan kelas OTO 2 serta wawancara dengan guru Produktif khususnya Pengukuran di sekolah tersebut diketahui bahwa metode yang diterapkan di sekolah tersebut adalah 80% ceramah bervariasi. Guru langsung memberikan materi pelajaran dengan cara ceramah disertai tanya jawab dan memberikan tugas kepada siswa pada akhir kegiatan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk Pretest-Postest Only. penerapan model pembelajaran peneliti menerapkan model NHT dan PBI dikelas. Setelah penelitian dilakukan peneliti melakukan analisis data sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat. Setelah semua data teranalis kemudian peneliti menyimpulkan hasil analisisnya. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif tipe NHT SMKN 1 Ampelgading kelas TSM-1 dan kelas TSM-2 dapat diterima oleh responden karena memiliki nilai frekuensi dan persentase tertinggi. Pembelajaran kooperatif tipe NHT SMK Karya Bakti kelas OTO-1 dan kelas OTO-2 tergolong klasifikasi tidak tepat dan tepat karena memiliki nilai frekuensi dan persentase tertinggi. dapat dilihat dalam bentuk histogram. Pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Intruction (PBI) SMKN 1 Ampelgading kelas TSM-1 dan kelas TSM-2 tergolong klasifikasi sangat tepat karena memiliki nilai frekuensi dan persentase tertinggi. motivasi pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PBI SMK Karya Bhakti kelas OTO-1 dan OTO-2 sebelum tergolong klasifikasi tepat karena memiliki nilai frekuensi dan persentase tertinggi. Secara umum motivasi sebelum pembelajaran kooperatif tipe NHT dan PBI SMKN 1 Ampelgading kelas TSM-1 dan kelas TSM-2 dan SMK Karya Bhakti kelas OTO-1 dan kelas OTO-2 tergolong klasifikasi baik karena sama-sama memiliki nilai frekuensi dan persentase tertinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43300

Actions (login required)

View Item View Item