Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Artisan dan Idealist - Repositori Universitas Negeri Malang

Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Artisan dan Idealist

Risaldi, Risaldi (2023) Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Artisan dan Idealist. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kreatif yaitu kemampuan seseorang (dalam hal ini siswa) dalam memecahkan permasalahan secara benar menurut ekspresi dari ide dan pengetahuan yang dimiliki serta memunculkan hal unik dalam memecahkan masalah. Seseorang dapat dilihat bagaimana proses berpikir kreatifnya ketika memecahkan suatu permasalahan. Berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika dapat dilihat berdasarkan tiga aspek yang meliputi aspek fluency (kelancaran), flexibility (keluwesan), dan novelty (kebaruan). Aspek fluency atau kelancaran adalah siswa mampu memecahkan masalah dengan cara mengungkapkan gagasannya secara lancar. Aspek flexibility atau keluwesan adalah siswa mampu memecahkan masalah dengan berbagai cara atau solusi yang bervariasi. Aspek novelty atau kebaruan adalah siswa mampu memecahkan masalah menggunakan cara unik, tidak biasa, dan berbeda dengan yang lainnya. Selain itu, selain memperhatikan aspek berpikir kreatif, ada tipe kepribadian yang juga menjadi sorotan dalam penelitian ini. Hal tersebut ditunjukkan melalui jawaban siswa dalam memecahkan masalah matematika mengenai bangun datar di SMP. Hasil analisis terhadap jawaban siswa pada studi pendahuluan menunjukkan adanya variasi munculnya aspek berpikir kreatif siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda-beda pula dalam memecahkan masalah matematika mengenai bangun datar. Oleh karena itu, berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika perlu dikaji lebih lanjut dengan meninjaunya dari tipe kepribadian siswa. Pada penelitian ini tipe kepribadian yang digunakan adalah tipe kepribadian artisan dan idealist. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian artisan dan idealist. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-M MTs Negeri 1 Kota Malang yaitu satu siswa berkepribadian artisan dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa berkepribadian artisan dengan kemampuan matematika sedang, satu siswa berkepribadian artisan dengan kemampuan matematika rendah, satu siswa berkepribadian idealist dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa berkepribadian idealist dengan kemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkepribadian idealist dengan kemampuan matematika rendah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kepribadian Keirsey, satu butir tes permasalahan bangun datar, dan pedoman wawancara yang telah disesuaikan dengan aspek berpikir kreatif dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek melakukan proses pemecahan masalah yang berbeda-beda sehingga aspek berpikir kreatif yang muncul juga berbeda-beda. Pada aspek fluency (kelancaran), lima subjek (kecuali siswa berkepribadian artisan dengan kemampuan matematika rendah) mampu menunjukkan aspek ini dengan baik yaitu mampu menuliskan jawaban dengan luas bangun datar beragam mulai dari bangun datar segitiga, persegi, dan trapesium. Pada aspek flexibility (keluwesan), empat subjek mampu menunjukkan aspek ini dengan baik (kecuali siswa berkepribadian artisan dan idealist dengan kemampuan matematika rendah) yaitu mampu menuliskan jawaban luas bangun datar dengan minimal dua cara pada satu bangun datar yang dominan menggunakan luas bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga. Pada aspek novelty (kebaruan), dua subjek (siswa berkepribadian artisan dan idealist dengan kemampuan matematika tinggi) mampu menunjukkan aspek ini dengan baik yaitu mampu menuliskan jawaban luas bangun datar dengan jawaban yang berbeda dari siswa lainnya serta gabungan bangun datar yang unik. Bangun datar yang digunakan adalah gabungan bangun datar segitiga dan persegi panjang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:07
Last Modified: 25 Sep 2023 01:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item