Pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK Islam 2 Wlingi / Dedy Khusniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK Islam 2 Wlingi / Dedy Khusniawan

Khusniawan, Dedy (2015) Pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif di SMK Islam 2 Wlingi / Dedy Khusniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khusniawan Dedy. 2014. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Islam 2 Wlingi. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas tTeknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Anny Martiningsih M.Kes (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci kinerja guru minat belajar siswa dan prestasi belajar siswa Pada awal studi observasi di SMK Islam 2 Wlingi terdapat beberapa siswa yang tidak disiplin. Hal ini dipertegas dengan pernyataan bapak kepala SMK Islam 2 Wlingi yang menyatakan bahwa guru mengeluhkan tingkah laku siswa saat pergantian mata pelajaran atau saat istirahat ada siswa yang keluar kelas dan masuk kembali ke kelas di tengah-tengah kegiatan pembelajaran sehingga mengganggu kegiatan pembelajaran . Penyebab permasalahan tersebut adalah (1) kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan tidak menarik (2) minat siswa rendah. Dalam upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut seorang guru diharapkan mampu menerapkan pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan medeskripsikan kinerja guru minat berlajar dan prestasi belajar siswa jurusan TKR SMK Islam 2 Wlingi. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap minat belajar siswa (2) menganalisis pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa serta (3) menganalisis hubungan antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa jurusan TKR SMK Islam 2 Wlingi dengan jumlah 137 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportionate stratifiet random sampling. Jumlah sampel sebanyak 45 siswa yang diambil dari masing-masing kelas secara proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Validitas intrumen diuji dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji koefisien korelasi spearman rank koefisien korelasi product moment dan uji regresi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan minat belajar siswa di SMK Islam 2 Wlingi hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0 5277 F hitung 16 971 F tabel (1 43) 7 264 pada 945 1% artinya koefisen tersebut berarti dan diperoleh harga I 0 28 yang berarti kontribusi kinerja guru terhadap minat belajar siswa sebesar 28%. (2) ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa SMK Islam 2 Wlingi hal tersebut dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0 5951 F hitung 15 657 F tabel (1 43) 7 264 pada 945 1% artinya koefisen tersebut berarti dan diperoleh harga I 0 27 hal ini berarti kontribusi kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 27%. (3) ada hubungan antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa SMK Islam 2 Wlingi tetapi tidak signifikan hal tersebut dibuktikan dengan Nilai r hitung 0 2209 r tabel 0 294 pada 945 5% dan F tabel (1 43) 4 067 pada 945 5% F hitung 1 1284 F tabel (1 43) 7 264 pada 945 1% artinya koefisen tersebut tidak berarti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43299

Actions (login required)

View Item View Item