Upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri Pasirian Lumajang / Nurul Huda - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri Pasirian Lumajang / Nurul Huda

Huda, Nurul (2015) Upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri Pasirian Lumajang / Nurul Huda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Huda Nurul. 2014. Upaya Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pelaksanaan Pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Di SMK Negeri Pasirian Lumajang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Agus Sholah M.Pd. (II) Drs. Imam Muda Nauri S.T M.T. Kata kunci Pengelolaan Kelas Pembelajaran Transmisi dan Sistem Pendingin 12288 12288 12288 12288 Pada proses belajar mengajar Transmisi dan Sistem Pendingin terjadi aktifitas pembelajaran dimana peran guru sangat penting. Guru dan siswa berinteraksi dan berpadu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif. Guru memotifasi siswa agar belajar dengan baik. Untuk itu kelas harus dikelola secara profesional agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. 12288 12288 12288 12288 Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana upaya guru dalam mengelola kelas di SMK Negeri Pasirian Lumajang pada pelaksanaan pembelajaran siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif transmisi dan sistem pendingin (2) apa saja hambatan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif transmisi dan sistem pendingin di SMK Negeri Pasirian Lumajang (3) bagaimana upaya-upaya guru dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran siswa kelas XI pada mata pelajaran produktif transmisi dan sistem pendingin di SMK Negeri Pasirian Lumajang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan peneliti ingin memperoleh informasi tentang (1) upaya guru dalam mengelola kelas (2) hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam mengelola kelas (3) upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam mengelola kelas. Sedangkan penelitian ini difokuskan pada upaya guru dalam mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran Produktif Transmisi dan sistem pendingin di SMK Negeri Pasirian Lumajang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan hasil wawancara dokumen observasi dan dokumentasi yang terdapat pada penelitian ini yang diperoleh dari subyek guru Produktif Transmisi dan sistem Pendingin dan sebagian siswa SMK Negeri Pasirian Lumajang untuk keperluan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi mendalam wawancara dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan trianggulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut pertama masalah upaya guru dalam mengelola kelas di SMK Negeri Pasirian Lumajang pada pelaksanaan pembelajaran produktif transmisi dan sistem pendingin yaitu mulai dari upaya guru sebelum pelajaran dimulai upaya guru pada saat pembelajaran berlangsung yakni terwujudnya suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Namun juga terdapat beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan bahkan ada pula siswa yang tidak belajar dan upaya guru setelah pembelajaran selesai yaitu dengan pemberian remidial pada siswa yang kurang kompeten. 12288 12288 12288 12288 Kedua masalah hambatan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran produktif transmisi dan sistem pendingin adalah masalah yang bersumber dari guru masalah yang bersumber dari siswa dan masalah dari fasilitas belajar. Masalah bersumber dari guru yaitu kurangnya kemampuan guru untuk mengendalikan siswa dalam proses pembelajaran yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pengajaran yang baik terutama pada guru-guru pemula. Masalah siswa yaitu kekurang sadaran siswa dalam memenuhi tugas dan haknya di kelas atau di sekolah. Sedangkan masalah fasilitas yaitu ketersediaan alat peraga/ praktikum yang belum lengkap di bengkel Teknik Kendaraan ringan terutama transmisi otomatis. 12288 12288 12288 12288 Ketiga masalah upaya dalam mengatasi hambatan tersebut adalah guru memberikan penjelasan dan kesadaran pada siswa tentang hak dan kewajiban antara guru dan siswa serta keharusan menghormati orang lain yaitu teman sekelasnya. Siswa harus sadar bahwa kalau mengganggu temannya yang sedang belajar berarti tidak melaksanakan kewajiban sebagai masyarakat kelas dan tidak menghormati hak siswa lain untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan belajar yang sedang berlangsung. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43297

Actions (login required)

View Item View Item