Fazal M, Rio (2015) Pengaruh pemasangan variasi main jet terhadap unjuk kerja dan emisi gas buang pada penggunaan bahan bakar pertamax sepeda motor Suzuki Shogun R / Rio Fazal M. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fazal M Rio. 2014. Pengaruh Pemasangan Variasi Main Jet terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang pada Penggunaan Bahan Bakar Pertamax Sepeda Motor Suzuki Shogun R. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Mustaman M.Pd (2) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata kunci Pemasangan Variasi Main Jet Unjuk Kerja Emisi Gas Buang Bahan Bakar Pertamax Suzuki Shogun R. 12288 12288 12288 12288 Dalam proses pembakaran pada motor bensin empat langkah Suzuki Shogun R sering terjadi beberapa kerugian yang mengakibatkan tidak terjadinya pembakaran sempurna dalam ruang bakar. Sehingga motor bawaan pabrik ini memiliki beberapa kekurangan yaitu motor sulit untuk melaju kencang pada putaran tinggi tidak bertenaga saat melewati jalan yang menanjak dan yang lebih penting polusi yang ditimbulkan sangat berbahaya dan merusak. 12288 12288 12288 12288 Main Jet adalah saluran bahan bakar dalam karburator yang berfungsi menyalurkan bahan bakar baik pada kecepatan rendah atau pada saat kecepatan tinggi. Seperti yang telah diketahui pertamax yang sering dipakai sudah dalam bentuk cair jadi dengan penggunaan main jet standar bawaan dari pabrik belum tentu cocok digunakan dalam alternatif ini karena main jet tersebut didesain utuk bahan bakar bensin. Walaupun demikian tidak juga dengan seenaknya menggunkan main jet dengan variasi tertentu untuk mendapatkan performa yang bagus dengan bahan bakar pertamax tetapi juga harus diketahui dampak negatif dalam pengantian variasi main jet yaitu hasil dari emisi gas buang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian pemasangan variasi main jet terhadap daya yang dihasilkan dan untuk mengetahui pengaruh penggantian pemasangan variasi main jet terhadap emisi gas buang pada penggunaan bahan bakar pertamax. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini mengguakan analisis hasil anova satu arah. Pengujian dilakukan pada rpm 2500 2750 3000 3250 3500 3750 4000 4250 4500 dan rpm 4750. Untuk pengambilan data daya dan emisi dilakukan dengan beban tak tentu dan pada gigi 4 ( gigi rasio 4 ) untuk menjaga keabsahan data dilakukan delapan kali pengujian tiap rpm pada tiap main jet. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggantian pemasangan variasi main jet terhadap unjuk kerja (daya motor) dan emisi gas buang sepeda motor Suzuki Shogun R pada setelan udara standar. Daya tertinggi dihasilkan oleh main jet 75 mm yaitu pada Rpm 4750 didapatkan hasil 13 25 HP daya yang dihasilkan lebih tinggi dari main jet 65 mm 67.5 mm dan 71 mm. Daya terendah dihasilkan oleh main jet 65 mm yaitu pada Rpm 4750 didapatkan hasil 12 75 HP daya yang dihasilkan lebih rendah dari main jet 67.5 mm 71 mm dan 75 mm. Kadar CO tertinggi dihasilkan oleh main jet 75 mm yaitu pada Rpm 4750 didapatkan hasil 5 58 %vol kadar CO yang dihasilkan lebih tinggi dari main jet 65 mm 67.5 mm dan 71 mm. Kadar CO terendah dihasilkan oleh main jet 65 mm yaitu pada Rpm 4750 didapatkan hasil 4 36 %vol kadar CO yang dihasilkan lebih rendah dari main jet 67.5 mm 71 mm dan 75 mm. Kadar HC tertinggi dihasilkan oleh main jet 75 mm yaitu pada Rpm 4750 didapatkan hasil 569 00 ppm kadar HC yang dihasilkan lebih tinggi dari main jet 65 mm 67.5 mm dan 71 mm. Kadar HC terendah dihasilkan oleh main jet 65 mm yaitu pada Rpm 4750 didapatkan hasil 434 33 ppm kadar HC yang dihasilkan lebih rendah dari main jet 67.5 mm 71 mm dan 75 mm. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil terbaik pada putaran mesin 4750 rpm menggunakan main jet 75 mm dengan daya 13 25 HP emisi CO dan HC 5 58 %vol dan 569 00 ppm dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya penelitian mengenai pengaruh pemasangan variasi main jet terhadap konsumsi bahan bakar yang lebih detail dan efisiensi thermal sepeda motor Suzuki Shogun R.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |