Studi korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar mesin dengan hasil belajar pada siswa kelas X kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon / Andri Saikul Ichsan - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar mesin dengan hasil belajar pada siswa kelas X kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon / Andri Saikul Ichsan

Ichsan, Andri Saikul (2014) Studi korelasi antara persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran dasar-dasar mesin dengan hasil belajar pada siswa kelas X kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon / Andri Saikul Ichsan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ichsan Andri Saikul. 2013. Studi Korelasi Antara Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar-Dasar Mesin dengan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Pujon. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd. (II)Dra. Anny Martiningsih M. Kes Kata Kunci persepsi hasil belajar Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar itu sendiri yakni persepsi. Persepsi termasuk dalam faktor internal diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah salah satu kompetensi keahlian yang diselenggarakan oleh SMKN 1 Pujon. Salah satu materi yang diajarkan adalah dasar-dasar mesin. Persepsi siswa dalam belajar dasar-dasar mesin sangat mempengaruhi proses belajar dan pembelajaran. Bagi siswa yang senang akan menganggap pelajaran mudah untuk dipahami dan dapat mengerjakan tugas sebaliknya bagi siswa yang tidak senang akan malas belajar.berdasarkan pengamatan di lapangan siswa cenderung lebih memiliki persepsi positif pada mata pelajaran praktik dibandingkan teori. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap mata pelajaran dasar-dasar mesin mendeskripsikan hasil belajar siswa serta mengetahui hubungan antara persepsi dengan hasil belajar siswa kelas X TSM di SMKN 1 Pujon. Penelitian ini termasuk penelitian deskriprif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TSM berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunkan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment untuk mengetahui hubungan diantara keduanya. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa persepsi siswa pada mata pelajaran dasar-dasar mesin termasuk sedang (20%). Selanjutnya untuk hasil belajar juga termasuk kategori sedang (38%). Analisis product moment menghasilkan temuan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dengan hasil belajar. Hasil perhitungan menunjukkan angka korelasi sebesar 0 521 dengan sumbangan sebesar 25 3%. Dengan hasil penelitian di atas diharapkan untuk kedepannya persepsi siswa terhadap mata pelajaran dasar-dasar mesin semakin meningkat. Seorang pendidik hendaknya mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan cermat membantu mengembangkan hasil belajar siswa serta pendidik hendaknya mampu mengarahkan persepsi siswa terhadap mata pelajaran dasar-dasar mesin siswa yang sudah terbentuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43289

Actions (login required)

View Item View Item