Hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan hasil belajar pada mata pelajaran praktikum motor ototronik kelas XII T. OTR 3 SMK Negeri 1 Singosari / Moh. Qodli Zaka Putra Harita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan hasil belajar pada mata pelajaran praktikum motor ototronik kelas XII T. OTR 3 SMK Negeri 1 Singosari / Moh. Qodli Zaka Putra Harita

Harita, Moh. Qodli Zaka Putra (2014) Hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan hasil belajar pada mata pelajaran praktikum motor ototronik kelas XII T. OTR 3 SMK Negeri 1 Singosari / Moh. Qodli Zaka Putra Harita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harita Moch Qodli Zaka Putra. 2014. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Peralatan Praktik Otomotif dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Praktikum Motor Ototronik Kelas XII T. OTR 3 SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Drs. Partono M.Pd. Kata Kunci motivasi belajar persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif hasil belajar praktikum motor ototronik Motivasi belajar siswa merupakan salah satu penunjang meningkatnya hasil belajar siswa. Kurangnya persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dianggap sebagai suatu masalah sehingga terkadang materi dalam proses pembelajaran tidak dapat tersampaikan dengan baik pada siswa dan hasil belajar pun menjadi menurun. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan hasil belajar siswa kelas XII T. OTR 3 pada mata pelajaran praktikum motor ototronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan dokumentasi nilai raport. Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mempunyai nilai R hitung 0.520 dan Sig (p) 0.004 0.05 sehingga hubungan yang terjadi signifikan. Hubungan antara persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan belajar belajar mempunyai nilai R hitung 0.675 dan Sig (p) 0.000 0.05 sehingga hubungan yang terjadi signifikan. Untuk hubungan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dihubungkan bersama-sama dengan hasil belajar siswa didapatkan nilai F sebesar 11 566 dan Sig (p) 0.000 0 05 yang menandakan terjadi hubungan yang posistif dan sigifikan hasil korelasi sebesar 0 688 menandakan korelasi yang terjadi kuat. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah yang pertama terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kedua terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan terhadap hasil belajar. Ketiga terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang peralatan praktik otomotif dengan hasil belajar pada mata pelajaran praktikum motor ototronik kelas XII T. Otr 3 SMK Negeri 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43286

Actions (login required)

View Item View Item