Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAT) terhadap hasil belajar mata diklat sistem pendingin air radiator kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SNK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Yolandha Dwi Cahyo Putranto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAT) terhadap hasil belajar mata diklat sistem pendingin air radiator kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SNK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Yolandha Dwi Cahyo Putranto

Putranto, Yolandha Dwi Cahyo (2014) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAT) terhadap hasil belajar mata diklat sistem pendingin air radiator kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SNK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Yolandha Dwi Cahyo Putranto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putranto Yolandha. D.C. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Pendinginan Air Radiator Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Anny Martiningsih M.Kes (II) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Hasil Belajar Kelemahan metode ceramah yaitu tidak mampu mengontrol sejauh mana siswa memahami pelajaran yang diberikan guru selain itu juga dapat menimbulkan perbedaan pemahaman baik mengenai kata-kata maupun istilah. Dengan demikian proses pembelajaran tidak bisa efektif yang secara tidak langsung berdampak pada hasil belajar peserta didik atau siswa maka perlu adanya perubahan dalam penerapan model pembelajaran yang cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Maka diperlukan solusi pemilihan model pembelajaran yang dapat menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) atau (pembagian pencapaian tim siswa) dirasa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan yang ada STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana menurut Slavin (2005). Dengan model pembelajaran STAD peserta diajak untuk bekerja secara tim dalam memecahkan permasalahan yang diberikan selain itu siswa dituntut lebih aktif dalam berdiskusi yang bertujuan untuk mendorong siswa untuk percaya diri. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Kelompok eksperimen diberi perlakuan (diajar dengan model pembelajaran STAD) sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan (diajar dengan model pembelajaran konvensional). Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (Stad) yang diterapkan kepada kelas experimen dan model pembelajaran konvensional yang diterapkan di kelas kontrol merupakan variabel bebas. Sedangkan hasil belajar siswa merupakan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Kab. Malang semester genap (2) tahun ajaran 2012/2013. Dari hasil pengambilan sampel yang dipilih secra acak maka diperoleh kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen (Subyek 1) dan kelas kelas XI TRK 3 sebagai kelas control (Subyek 2). Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa terdapat perbedaan hasil belajar dilihat dari nilai hasil belajar yaitu p-value 0 002 dan diketahui taraf signifikansi 945 0 05 p-value 945 dengan demikian dapat dikatan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas subjek 1(STAD) dengan kelas subjek 2(Konvensional). Nilai rata-rata untuk kelas subjek 1(STAD) yaitu 82 84 dan kelas subjek 2(Konvensional) yaitu 77 14. Perbedaan nilai untuk kelas subjek 1 dan subjek 2 yaitu sebesar 5 70 %.%. Hasil penelitian ini sesuai/relevan dengan penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43284

Actions (login required)

View Item View Item