Kolaborasi Masyarakat Pengerajin Gerabah Di Desa Pagelaran dengan Sekolah dalam Menciptakan Pendidikan Seni Berbasis Masyarakat.Tesis. - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi Masyarakat Pengerajin Gerabah Di Desa Pagelaran dengan Sekolah dalam Menciptakan Pendidikan Seni Berbasis Masyarakat.Tesis.

Nafisah, Arida (2022) Kolaborasi Masyarakat Pengerajin Gerabah Di Desa Pagelaran dengan Sekolah dalam Menciptakan Pendidikan Seni Berbasis Masyarakat.Tesis. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan berbasis masyarakat menggunakan elemen masyarakat sebagai fokus utamanya. Masyarakat sebagai penentu dalam berkembangnya pendidikan seni yang terjadi di setiap daerah dengan ciri khas masing-masing. Desa pagelaran merupakan salah satu desa yang memiliki destinasi Eduwisata pembelajaran gerabah untuk meningkatkan nilai-nilai tradisi, sosial dan budaya. Peneliti ingin memperlihatkan gambaran langsung bagaimana bentuk kolaborasi pengerajin gerabah dengan sekolah, eduwisata kampung gerabah dengan sekolah dan sekolah dengan pengerajin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis bentuk kolaborasi gerabah dengan sekolah yang ada di masyarakat desa pagelaran dan (2) Mengganalisis pola penerapan nilai pendidikan seni yang baik di masyarakat. Metode penlitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus sesuai dengan tujuan dari penelitian yang memiliki kaitan kolaborasi sekolah dengan masyarakat pengerajin gerabah yang ada di desa Pagelaran. Subjek dari penelitian ini merupakan pengerajin gerabah, ketua eduwisata kampung gerabah, serta guru sekolah SMAN 1 Gondanglegi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan data. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pendidikan berbasis masyarakat mampu memberikan berbagai macam bentuk dari pembelajaran dan transfer nilai. Eduwisata Kampung Gerabah dapat menaikkan nilai ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Nilai-nilai ini yang disebarkan kepada masyarakat sekitar untuk ikut mengetahui serta menjaga keutuhan nilai tersebut. Berikut hasil dari proses pembelajaran dengan tiga macam pendekatan: (1) kolaborasi pengerajin dengan sekolah, yaitu sekolah mengadakan kunjungan dan mengajak para siswa belajar langsung ke seniman gerabah, (2) kolaborasi eduwisata kampung gerabah dengan sekolah, yaitu sekolah mengadakan kunjungan langsung ke Eduwisata dengan memesan paket yang telah disediakan, (3) kolaborasi sekolah dengan pengerajin gerabah, dimana guru memberikan pelajaran mengenai gerabah namun juga mengarahkan para siswa untuk ikut belajar langsung ke pengerajin. Kesimpulan pada penelitian ini pembelajaran berbasis masyarakat membantu pendidikan formal untuk meningkatkan kegiatan positif yang ada di kelas. Kegiatan pembelajaran dengan basis masyarakat turut serta membantu para siswa untuk meningkatkan transfer nilai dengan melestarikan nilai tadisi, sosial, dan budaya yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan siswa serta nilai pendidikan karakter seperti jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, perduli lingkungan, perduli sosial, tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:58
Last Modified: 25 Sep 2023 01:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4328

Actions (login required)

View Item View Item