Pengembangan modul teknologi motor bensin berbasis pembelajaran e-learning pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Iswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul teknologi motor bensin berbasis pembelajaran e-learning pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Iswanto

Iswanto (2014) Pengembangan modul teknologi motor bensin berbasis pembelajaran e-learning pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Iswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iswanto. 2014. Pengembangan Modul Teknologi Motor Bensin Berbasis Pembelajaran E-Learning Pada Jurusan Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin FakultasTeknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Mardji M. Kes (II) Drs. H. Paryono S.T. M.T. Kata kunci Pengembangan Modul Teknologi Motor Bensin E-Learning. 12288 12288 12288 Teknologi motor bensin merupakan salah satu dari mata kuliah dasar otomotif S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang karena pentingya mata kuliah ini sebagai dasar otomotif yang mencakup hampir seluruh dari kerja sistem motor bakar maka harus diperioritaskan dan dimantapkan sebagai dasar teori otomotif namun dari beberapa referensi mata kuliah ini masih banyak mahasiswa yang belum mumpuni dalam mendalami isi dari mata kuliah ini sebagai dasar teori otomotif khususnya mahasiswa dari lulusan SMA. Perlu adanya modul pembelajaran teknologi motor bensin dengan memanfaatkan media elektronik yang diharapkan bisa untuk membantu pemahaman teori dasar otomotif dengan adanya pembelajaran elektronik dalam bentuk modul dan pembelajaran secara elektronik dengan dilengkapi dengan gambar cara kerja dan video yang dapat membuat mahasiswa untuk memahaminya serta tercapainya kemampuan dasar dalam bidang otomotif. 12288 12288 12288 Pada pengembangan modul pembelajaran elektronik ini menggunakan model pengembangan yang diadopsi dari Sadiman perancangan media pembelajaran elektronik yang dilakukan melalui enam tahap proses yaitu (1) Menganalisis kebutuhan dan karakteristik mahasiswa (2) Merumuskan tujuan pembelajaran (3) Merumuskan butir-butir materi (4) Menyusun instrumen evaluasi (5) Menulis naskah media (6) Melakukan evaluasi. Dari enam langkah tersebut terdapat juga tiga tahap validasi ahli yang dilakukan untuk menilai naskah media yang sudah disusun kemudian dilakukan uji coba perorangan dan tahap selanjutnya yaitu uji coba kelas media pembelajaran elektronik. 12288 12288 12288 Modul pembelajaran elektronik Teknologi Motor Bensin ini dinyatakan layak oleh seorang ahli materi ahli media dan uji coba kelompok kecil sebagai media pembelajaran elektronik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pengembangan menunjukkan (1) Dari ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan dengan persentase 79 17% dengan tingkat keberhasilan valid (2) Ahli media menunjukkan tingkat kelayakan dengan persentase 90% dengan kriteria valid (3) Uji coba kelompok kecil menunjukkan tingkat kelayakan dengan persentase 86 63% dengan kriteria tingkat kelayakan valid. 12288 12288 12288 Dari seluruh proses yang telah dilakukan mulai dari penyusunan sampai uji coba dengan berbagai masukan dari ahli materi dan media serta perbaikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran elektronik ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dari hasil uji coba dapat diketahui bahwa modul elektronik yang dikembangkan memiliki kriteria menarik dan efektif namun modul pembelajaran elektronik ini masih bisa dikembangkan lagi khususnya cakupan isi materi yang lebih luas sehingga mendapatkan produk yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43274

Actions (login required)

View Item View Item