Pengaruh variasi posisi ring jarum throttle terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor Honda Supra X 100 cc / Dodik Rinaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi posisi ring jarum throttle terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor Honda Supra X 100 cc / Dodik Rinaldi

Rinaldi, Dodik (2014) Pengaruh variasi posisi ring jarum throttle terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor Honda Supra X 100 cc / Dodik Rinaldi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rinaldi Dodik. 2014. Penggaruh Variasi Posisi Ring Jarum Throttle terhadap Daya dan Emisi Gas Buang Sepeda Motor Honda Supra X 100 CC.Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Mustaman M.pd. (2) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. Kata Kunci posisi ring jarum throttle daya emisi gas buang. 12288 12288 12288 12288 Pada umumnya produsen sepeda motor menentukan penempatan ring jarum throttle pada tingkat 3. Pabrik sudah merancang dan meneliti tentang penempatan ring jarum throttle dengan harapan mesin mampu menghasilkan tenaga yang besar dengan bahan bakar yang efisien namun sesuai dengan ilmu pengetahuan penulis ingin mencari karakter di antara variasi penempatan posisi jarum throttle. Pada penempatan tiap-tiap posisi ring jarum throttle akan diketahui dimana posisi yang memiliki karakteristik sesuai dengan kondisi mesin sehingga mendapatkan tenaga yang optimal dan emisi gas buang yang di hasilkan dari pembakaran rendah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan antara lain untuk mengetahui variasi posisi ring jarum throttle dengan variasi putaran mesin pada karburator terhadap daya sepeda motor supra x 100 cc untuk mengetahui variasi posisi ring jarum throttle dengan variasi putaran mesin pada karburator terhadap emisi gas buang HC sepeda motor supra x 100 cc untuk mengetahui variasi posisi ring jarum throttle dengan variasi putaran mesin pada karburator terhadap emisi gas buang CO sepeda motor supra x 100 cc. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dan menggunakan analisis anova dua arah atau two way anova. Pengujian daya dilakukan dengan menggunakan dynotest sedangkan untuk pengujian emisi gas buang dilakukan dengan menggunakan gas analyzer. Pengujian dilakukan pada rpm 2500 2750 3000 3250 3500 3750 4000 4250 4500 dan rpm 4750. Untuk pengambilan data daya dan emisi gas buang HC dan CO dilakukan dengan beban tak tentu dan pada gigi 4 (gigi rasio 4) untuk menjaga keabsahan data dilakukan tiga kali pengujian tiap rpm pada tiap ring jarum throttle. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh variasi posisi ring jarum throttle terhadap unjuk kerja (daya motor) dan emisi gas buang sepeda motor Honda Supra X 100 cc pada setelan udara standar. Hasil daya tertinggi menggunakan posisi ring jarum throttle nomor 4 pada putaran rpm 4750 rpm yaitu 10.080 Hp daya yang dihasilkan lebih tinggi dari posisi 1 2 3 dan 5. Hasil emisi gas buang HC tertinggi menggunakan posisi ring jarum throttle nomor 4 pada putaran rpm 4750 rpm yaitu 130.00 ppm emisi gas buang HC yang dihasilkan lebih tinggi dari posisi 1 2 3 dan 5. Hasil emisi gas buang CO tertinggi menggunakan posisi ring jarum throttle nomor 4 pada putaran rpm 4750 rpm yaitu 0.1833 % vol emisi gas buang CO yang dihasilkan lebih tinggi dari posisi 1 2 3 dan 5. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan dengan hasil terbaik pada putaran mesin 4750 rpm menggunakan posisi ring jarum throttle 4 dengan daya yaitu 9.7700 HP akan tetapi hasil emisi gas buang yang dihasilkan juga tinggi yaitu CO dan HC 0 1833 % dan 130.00 ppm dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya penelitian mengenai pengaruh variasi posisi ring jarum throttle terhadap konsumsi bahan bakar dengan setelan karburator yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43268

Actions (login required)

View Item View Item