PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKn BERBASIS LOCAL WISDOM DAERAH GORONTALO DALAM KERANGKA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKn BERBASIS LOCAL WISDOM DAERAH GORONTALO DALAM KERANGKA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Ibrahim, Sutrimawati (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKn BERBASIS LOCAL WISDOM DAERAH GORONTALO DALAM KERANGKA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh need analysis bahan ajar berbasis local wisdom dalam menunjang pembelajaran PPKn di Sekolah menengah Pertama, dekandensi moral milenial saat ini dalam merawat eksistensi kebudayaan,tradisi, dan adat istiadat masyarakat Gorontalo serta melestarikan kearifan lokal ditengah-tengah perkembangan zaman yang makin pesat sebagai bentuk implementasi menghargai karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar PPKn berbasis local wisdom daerah Gorontalo yang valid, menarik, praktis, dan efektif untuk dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siswa Kelas VII SMP Negeri se-Gorontalo guna menanmkan serat memupuk rasa kecintaan peserta didik sebagai generasi muda Gorontalo akan rasa kecintaan terhadap daerah dalam kerangka NKRI melalui pengenalan, penguatan, dan pembelajaran nilai-nilai local wisdom, tradisi, budaya, kepercayaan, adat maupun istiadat daerah Gorontalo ditengah pengaruh derasnya arus globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Jenis model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan4D atau Four-D Model yang meliputi empat tahap diantaranya, tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian diperoleh dari hasil needs analysis, validasi ahli, implementasi produk pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (kelompok besar) di SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap develop dengan subjek penelitian terdiri dari 2 guru; 1 guru bertindak sebagai observer 1 orang guru lainnya adalah guru PPKn sebagai pengguna bahan ajar, kemudian 28 siswa; yang terbagi dalam 2 kelompok yakni, 6 orang pada uji coba kelompok kecil dan 22 orang lainnya dalam uji coba lapangan yang tidak termasuk dalam uji coba kelompok kecil. Hasil analisis data membuktikan bahwa produk bahan ajar PPKn berbasis local wiasdom daerah Gorontalo dalam Kerangka NKRI sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini dapat menjadi dasar penelitian dan pengembangan selanjutnya guna menghasilkan bahan ajar yang lebih inovatif dimasa akan datang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:26
Last Modified: 25 Sep 2023 02:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4326

Actions (login required)

View Item View Item