Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan sofware autoplay media studio 7.5 pada pokok bahasan karburator di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi / Syukron Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan sofware autoplay media studio 7.5 pada pokok bahasan karburator di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi / Syukron Fauzi

Fauzi, Syukron (2014) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan sofware autoplay media studio 7.5 pada pokok bahasan karburator di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi / Syukron Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauzi Syukron. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Menggunakan Autoplay Media Studio 7.5 Pada Pokok Bahasan Karburator Di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi Banyuwangi. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Anny Martiningsih M.Kes. (II) H. Drs. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Autoplay Media Studio7.5 media pembelajaran Karburator. Pendidikan merupakan usaha sadar dan disengaja untuk mengembangkan dan membina sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan pada semua jenjang pendidikan. Kemajuan teknologi pada dunia pendidikan dapat dilihat makin semaraknya sekolah maupun perguruan tinggi yang menggunakan system (E-learning) dalam proses pembelajarannya. 12288 12288 12288 12288 Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran autoplay media studio 7.5 menghasilkan buku manual sebagai buku panduan pengoperasian media pembelajaran autoplay media studio 7.5 dan mengetahui kelayakan pengembagan media autoplay media studio 7.5 pada pada pokok bahasan karburator di SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi. 12288 12288 12288 12288 Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan bersifat deskriptif dengan model ADDIE. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa angket/kuisioner yang disebarkan kepada ahli media ahli materi 3 siswa untuk uji kelayakan perorangan 10 siswa untuk uji kelayakan kelompok kecil dan untuk uji lapangan berupa hasil belajar siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang di peroleh dari hasil penskoran yang kemudian diterjemahkan kevalidannya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diperoleh empat kesimpulan. Dari ahli media dan materi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid untuk di ujikan kepada siswa. Persentasi kevalidan mencapai 83% pada uji ahli media dan 91% pada uji ahli materi. tanggapan yang diberikan ahli media dan ahli materi pada instrumen angket kemudian ditindak lanjuti pada bagian revisi produk sebelum di uji kelayakannya kepada siswa di tahap uji perorangan. 12288 12288 12288 12288 Kedua penilaian yang dilakukan oleh responden pada tahap uji perorangan memperoleh presentase kevalidan mencapai 95% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini valid untuk di uji kelayakannya pada tahap uji kelompok kecil. Saran dari responden pada instrumen penilaian juga di gunakan pengembang sebagai revisi media tahap kedua 12288 12288 12288 12288 Ketiga penilaian yang dilakukan oleh responden pada tahap uji kelompok kecil memperoleh persentase kevalidan mencapai 87% disimpulkan bahwa media ini valid untuk di uji klayakan pada tahap uji kelompok kecil. 12288 12288 12288 12288 Keempat penilaian dari hasil uji lapangan berupa nilai post tes rata- rata siswa 86 66 dan terdapat peningkatan sebesar 15 24 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media AutoPlay Media studio 7.5 berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Saran pemanfaatan produk jika pengguna mengalami kesulitan terkait kesulitan pengoperasian produk pengguna di sarankan mempelajari buku petunjuk yang sudah tersedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43256

Actions (login required)

View Item View Item