Pengaruh penggunaan media cd interaktif terhadap hasil belajar materi sistem pengapian konvensional pada siswa teknik kendaraan ringan di SMKN 12 Malang / Dwi Sandi Andrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media cd interaktif terhadap hasil belajar materi sistem pengapian konvensional pada siswa teknik kendaraan ringan di SMKN 12 Malang / Dwi Sandi Andrianto

Andrianto, Dwi Sandi (2014) Pengaruh penggunaan media cd interaktif terhadap hasil belajar materi sistem pengapian konvensional pada siswa teknik kendaraan ringan di SMKN 12 Malang / Dwi Sandi Andrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sandi. 2013. Pengaruh penggunaan Media CD interaktif terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pengapian Konvensional pada Siswa Teknik Kendaraan Ringan Di SMKN I2 Malang.Progam Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Partono M.pd (2) Prof. Dr. Marji M.kes. Kata kunci Media Gambar Media CD Interaktif Hasil Belajar Model pembelajaran yang diterapkan didalam kelas di SMKN 12 Malang masih menggunakan metode ceramah dan untuk memperkuat pesan yang disampaikan dibantu media gambar yaitu media diam (still picture). Siswa yang diajar menggunakan media gambar dinilai kurang mampu memahami maksud dari gambar yang bersifat komplek. Penggunaan media CD Interaktif diharapkan dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi sistem pengapian konvensional. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui hasil belajar materi sistem pengapian konvensional pada siswa teknik kendaraan ringan Di SMKN I2 Malang dengan 1.Menggunakan media gambar.2.Menggunakan media CD interaktif.3.Mengetahui perbedaan hasil belajar kelompok yang menggunakan media gambar dengan kelompok yang menggunakan media CD interaktif. .Penelitian ini menggunakan quasy eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design dengan subjek penelitian sebanyak 54 siswa. Maka pengambilan sampel tidak dilakukan secara random sehingga didapatkan sampel dari populasi yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XIITKR2 sebagai kelompok kontrol(KK) yaitu kelompok yang menggunakan media gambar dan kelas XIITKR1 sebagai kelas eksperimen (KE) yaitukelompok yang menggunakan media CD Interaktif dimana pada masing-masing kelas jumlah siswa di dalamnya adalah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan beda/selisih antara skor tes akhir (post-test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1.Hasil belajar siswa tidak mencapai hasil yang maksimal pada penggunaan media gambar.2.Hasil belajar siswa mencapai hasil yang maksimal pada penggunaan media CD interaktif.3. Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran menggunakan media CD Interaktif dengan model pembelajaranmenggunakan media gambar. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan melihat pengaruh positif penggunaan media CD interaktif dalam proses belajar maka dapat digunakan sebagai salah satu media untuk materi sistem pengapian konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43251

Actions (login required)

View Item View Item