Pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan we moodle pada matakuliah autotrinik / Dedy Oktarianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan we moodle pada matakuliah autotrinik / Dedy Oktarianto

Oktarianto, Dedy (2014) Pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan we moodle pada matakuliah autotrinik / Dedy Oktarianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktarianto Dedy. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-learning Dengan Menggunakan Web Moodle Pada Matakuliah Autotronik.. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (II) Prof. Dr. Mardji M.Kes Kata kunci bahan ajar e-learning web moodle autotronik Berdasarkan hasil observasi melalui angket pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh matakuliah autotronik perlu adanya bahan ajar autotronik yang mendukung dan mempermudah mahasiswa untuk belajar bahan ajar yang ada harus sesuai dengan materi pokok yang akan dikaji dalam matakuliah autotronik pada S1 Pendidikan Teknik Otomotif. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis e-learning dan mengetahui kelayakan dari produk bahan ajar berbasis e-learning. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan mengadopsi dari tahapan ADDIE yaitu (1) analysis (2) design (3) develop ment (4) implementation dan (5) evaluation.. Instrumen pengumpul data y ang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa k uisioner y ang sudah divalidasi oleh dosen selanjutnya diberikan kepada ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil berupa hasil tanggapan bahan ajar terhadap 10 orang mahasiswa. Jenis data y ang diperoleh berupa data kuantitatif untuk meniliai kevalidan produk media yang dihasilkan dan data kualitatif yaitu hasil saran dan tanggapan dari para validator secara lisan oleh pengembang. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini diperoleh data hasil validasi angket dan data hasil validasi produk bahan ajar berbasis e-learning. Data hasil validasi angket oleh dosen memperoleh persentase 96 7% yang termasuk kriteria valid. Hal ini berarti bahwa angket sudah layak untuk digunakan sebagai instrument validasi produk yang dikembangkan oleh pengembang. Data hasil validasi media oleh ahli media menunjukkan bahwa media ini memperoleh persentase 92 8% yang termasuk kriteria valid data hasil validasi materi oleh ahli materi menunjukkan bahwa media ini memperoleh persentase 80 2% yang termasuk kriteria valid dan hasil validasi uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa media ini memperoleh presentase 92 5%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan pada penelitian pengembangan ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Beberapa saran pengembangan produk bahan ajar berbasis e-learning dengan menggunakan web moodle ini meliputi (1) Penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya terbatas pada progam studi teknik otomotif saja akan tetapi juga pada progam studi yang lain (2) media pembelajaran yang dikembangkan tidak hanya secara offline akan tetapi juga online (3) peneliti selanjutnya dapat melakukanimplementation dan evaluation terhadap media tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43247

Actions (login required)

View Item View Item