Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi menjelaskan konsep motor bakar kelas X TKR SMKN 10 Malang / Hel Vizar Suiva - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi menjelaskan konsep motor bakar kelas X TKR SMKN 10 Malang / Hel Vizar Suiva

Suiva, Hel Vizar (2013) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi menjelaskan konsep motor bakar kelas X TKR SMKN 10 Malang / Hel Vizar Suiva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suiva Helvizar. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Menjelaskan Konsep Motor Bakar kelas X Tekniki Kendaraan Ringan SMKN 10 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutijono M.M. (II) Drs. Agus Sholah M. Pd. Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Prestasi belajar Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya pembaharuan dalam bidang pendidikan terutama dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Dalam memilih metode pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa sifat materi bahan ajar fasilitas dan media yang tersedia serta kondisi guru itu sendiri. Jadi sesuai dengan pernyataan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas X SMKN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (quasy eksperiment) sebab penelitian ini menggunakan dua kelompok satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelompok pembelajaran yang menggunakan metode Think Pair Share sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Dengan satu variabel bebas yaitu metode pembelajaran dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMKN 10 Malang tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKR 1 (30 siswa) dan kelas X TKR 2 (30 siswa). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kemampuan kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan yaitu 74 25 sedangkan rata-rata kemampuan kelompok kontrol setelah diberi perlakuan yaitu 68 08. Dari perbedaan metode tersebut dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan pengaruh belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan pengaruh prestasi belajar kelompok non treatment (tanpa perlakuan) karena adanya perbedaan perlakuan pembelajaran antara siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu 1) guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar 2) siswa hendaknya lebih berperan aktiv dalam pembelajaran kooperatif Think Pair Share sehingga prestasi belajar dapat tercapai 3) bagi lembaga pendidikan dan instansi yang terkait disarankan untuk mensosialisasikan pembelajaran Think Pair Share dalam pelatihan dan penataran untuk meningkatkan prestasi belajar 4) bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini untuk dapat menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta dengan materi yang berbeda agar mendapatkan data yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43238

Actions (login required)

View Item View Item