Studi perbandingan hasil belajar sub kompetensi sistem penerangan lampu kepala dengan strategi pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Bayan Kab. Lombok Utara NTB / Rahibul Satarudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi perbandingan hasil belajar sub kompetensi sistem penerangan lampu kepala dengan strategi pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Bayan Kab. Lombok Utara NTB / Rahibul Satarudin

Satarudin, Rahibul (2013) Studi perbandingan hasil belajar sub kompetensi sistem penerangan lampu kepala dengan strategi pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Bayan Kab. Lombok Utara NTB / Rahibul Satarudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Satarudin Rahibul. 2013. Studi Perbandingan Hasil Belajar Sub.Kompetensi Sistem Penerangan Lampu Kepala Dengan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Bayan Kab.Lombok Utara NTB. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (2) Drs. H. Sumarli M.Pd. M.T. Kata Kunci Strategi pembelajaran quantum teaching. Strategi pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil pembelajaran sebagai berikut 1) 69 % meningkatkan motivasi belajar siswa 2) 73 % meningkatkan nilai belajar siswa 3)84 % meningkatkan kehormatan diri siswa 4) 98 % melanjutkan memanfaatkan ketrampilan (dalam penelitian Groenendal) . Strategi pembelajaran quantum teaching yang diterapkan pada mata pelajaran kelistrikan sub.kompetensi sistem penerangan lampu kepala diharapkan akan memberi kontribusi dan hasil belajar kepada siswa yang dulunya sulit memahami menjadi mudah bahkan menjadi materi yang disukai. Strategi pembelajaran quantum teaching dapat membantu merangsan aktifitas belajar untuk mengorganisasi pengalaman belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Hasil belajar sub. kompetensi sistem penerangan lampu kepala pada siswa kelas XI TKR di SMKN 1 Bayan yang proses belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional 2) Hasil belajar sub.kompetensi sistem penerangan lampu kepala pada siswa kelas XI TKR di SMKN 1 Bayan yang proses belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching 3) Perbedaan hasil belajar sub.kompetensi sistem penerangan lampu kepala pada siswa kelas XI TKR di SMKN 1 Bayan antara yang proses belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran konvensioanal dengan yang proses belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran quantum teching. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan ekspereimen semu (quasi eksperiment). Penelitian ini menggunakan empat jenis data kuantitatif data pre-test kelompok kontrol data pre-test kelompok eksperimen data post-test kelompok kontrol data post-test kelompok eksperimen. Subyek penelitian melibatkan dua kelas kelas XI TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang diperlakuan strategi pembelajaran quantum teaching dan XI TKR 2 sebagai kelas kontrol dengan perlakuan strategi pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan SPSS 16. Peneliti menemukan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 74 4437 dan kelas kontrol 57 9997. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan hasil belajar siswa memiliki nilai signifikansi 0 000 0 05 kesimpulan dari analisis menunjukkan terdapat perbedaan rerata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching dengan yang strategi konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43237

Actions (login required)

View Item View Item