Pengembangan bahan ajar mata diklat sistem AC untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang / Cholik Ocka Raditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata diklat sistem AC untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang / Cholik Ocka Raditya

Raditya, Cholik Ocka (2013) Pengembangan bahan ajar mata diklat sistem AC untuk kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang / Cholik Ocka Raditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Raditya Cholik Ocka. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Sistem AC Untuk Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Imam Muda Nauri S.T. M.T. (2) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Sistem AC dan SMK Negeri 12 Malang Pendidikan termasuk pondasi utama dalam mengelola dan mencetak SDM yang handal dan berwawasan sehingga diharapkan mampu menjawab tantangan di masa depan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran dan bahan ajar yang sesuai dengan kompetensi yang dipelajari oleh siswa. SMK Negeri 12 Malang merupakan sekolah yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana khususnya media dan sumber belajar. Upaya yang diberikan kepada siswa SMK Negeri 12 Malang adalah dengan mengembangkan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak jenis Handout dengan judul Sistem AC (Air Conditioner) yang materinya disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar pada silabus. Handout yang dikembangkan nantinya akan dijadikan salah satu sumber belajar di SMK Negeri 12 Malang guna menciptakan kreativitas belajar mandiri siswa sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Pengembangan bahan ajar ini mengadopsi model pengembangan Dick Carey (1987). Untuk mengetahui tingkat kevalidan kelayakan keterpakaian produk yang dihasilkan dilakukan uji kelayakan produk dalam 2 tahap yaitu tahap uji ahli dan uji kelompok kecil. Data diambil dengan menggunakan angket kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil uji coba pada tahap ahli bidang studi memperoleh skor total 87% dengan kreteria sangat valid sedangkan dari ahli pembelajaran memperoleh skor 90% dengan kreteria sangat valid. Kemudian tahap uji coba kelompok kecil memperoleh skor total 89% dengan kreteria sangat valid sehingga dari uji coba yang dilakukan handout layak digunakan sebagai sumber belajar di SMK Negeri 12 Malang. Dari serangkaian uji coba dapat diketahui kelebihan dan keterbatasan bahan ajar yang telah dikembangkan. Kelebihannya yaitu 1) bahan ajar dirancang sesuai karakteristik dan kebutuhan siswa 2) bahan ajar disesuaikan dengan menggunakan prinsip pengetahuan yang bersifat fakta konsep dan prosedural 3) model pengembangan yang disesuaikan adalah Dick Carey (1987) yang sistematis dan sesuai untuk merancang pembelajaran lebih terarah Sedangkan kelemahan bahan ajar ini adalah disusun berdasarkan karakteristik dan kebutuhan siswa di SMK Negeri 12 Malang pada kompetensi memelihara/servis sistem AC sehingga bila bahan ajar digunakan secara luas perlu menyempurnakan atau revisi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna yang luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43235

Actions (login required)

View Item View Item