Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada siswa Jurusan Otomotif di SMK Negeri 12 Malang / Hendrik Bubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada siswa Jurusan Otomotif di SMK Negeri 12 Malang / Hendrik Bubun

Bubun, Hendrik (2013) Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada siswa Jurusan Otomotif di SMK Negeri 12 Malang / Hendrik Bubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bubun Hendrik. 2013. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Pada Siswa Otomotif di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.Partono M.Pd. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci internet sumber belajar SMK Negeri 12 Malang sebagai salah satu lembaga pendidikan kejuruan perlu membekali siswa dan lulusannya dengan ketrampilan memadai termasuk kompetensi dalam hal penggunaan teknologi informasi. Salah satunya dengan meningkatkan sistem pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar pada siswa jurusan otomotif di SMK Negeri 12 Malang. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan sebanyak 51 siswa. Tenik pengambilan data berupa angket dan analisa data berupa statistik deskriptif yang meliputi analisa prosentase dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa warnet merupakan lokasi atau tempat akses internet yang banyak dipilih oleh siswa. Sebagian besar siswa menggunakan internet sebagai sumber belajar dengan intensitas penggunaan internet sebanyak 1-3 kali dalam semingu. Dalam seminggu siswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar adalah selama 2 jam dan situs yang sering diakses adalah situs pendidikan khususnya keteknikan. (2) faktor yang memotvasi siswa sebagai sumber belajar karena internet menyediakan materi/bahan pembelajaran yang up to date ingin mendapatkan aplikasi secara gratis sumber informasi yang melimpah up to date dan bervariasi menambah pergaulan pengetahuan dan wawasan secara umum dapat mengakses keperpustakaan dapat berdiskusi keluarga dan sahabat oleh karena itu internet merupakan media yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan media lainnya sehingga dapat menciptakan wadah belajar yang mandiri dan membuat waktu lebih hemat dalam mengerjakan tugas-tugas. (3) faktor penghambat siswa dalam memanfaaatkan internet sebagai sumber belajar adalah karena keterbatasan sumber informasi dalam bahasa indonesia ketelitian terhadap informasi yang ada adanya ancaman Virus atau Hacker serta adanya penyimpangan-penyimpangan dalam dunia Internet. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan diharapkan guru meningkatkan frekuensi pemanfaatan internet dengan menugaskan siswa mencari sumber belajar di internet atau memberikan tugas melalui internet dalam meningkatkan pengetahuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43231

Actions (login required)

View Item View Item