Safitri, Heriani Dhia Ayu (2023) Manajemen Kurikulum Program Jalur Cepat dalam Mewujudkan Link and Match dan Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiap siswa lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus memiliki kompetensi dan kesiapan kerja agar dapat diakui dan diterima oleh dunia usaha dan dunia indutri kerja (dudika). Namun, saat ini miss-match antara dunia pendidikan dan dunia kerja ternyata masih menjadi salah satu permasalahan yang berpengaruh terhadap efisiensi hasil capaian dan kesiapan kerja lulusan. Dalam mewujudkan pembelajaran yang bisa membantu siswa meningkatkan kesiapan kerja, maka dibutuhkan pengembangan kurikulum yang dapat mendukung tujuan kebijakan link and match dan relevansi pendidikan dengan dudika. Terkait hal tersebut, pemerintah meluncurkan program SMK-D2 Jalur Cepat yang berbasis kerja sama antara Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) dengan SMK dan dudika yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui studi dengan durasi yang lebih singkat. Berdasarkan fenomena tersebut, peneliti mengarah pada gagasan penelitian terkait manajemen kurikulum pada Program SMK-D2 Jalur Cepat dalam mewujudkan link and match dan kesiapan kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengembangan dan implementasi kurikulum Program SMK-D2 Jalur Cepat di Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Bali agar menjadi gambaran untuk PTV lain dalam menyelenggarakan Program SMK-D2 Jalur Cepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multi situs. Peneliti memilih teknik analisis komparatif konstan pada jenis studi multi situs, karena latar penelitian memiliki karakteristik dan latar belakang yang serupa dalam pengembangan dan pelaksanaan pendidikan berbasis vokasional. Penelitian ini dilakukan di Program Studi D2 Jalur Cepat Pengembangan Piranti Lunak Situs (PPLS) Politeknik Negeri Malang dan Program Studi D2 Jalur Cepat Administrasi Jaringan Komputer (AJK) Politeknik Negeri Bali. Penelitian ini berfokus pada pengembangan kurikulum Program SMK-D2 Jalur Cepat dalam mewujudkan link and match dan kesiapan siswa memasuki dudika, sehingga instrumen yang sesuai adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program SMK-D2 Jalur Cepat merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai salah satu perwujudan rencana strategis pendidikan vokasi tahun 2020-2024 yang diselenggarakan dengan melibatkan tiga komponen utama yaitu SMK, perguruan tinggi, dan mitra industri; (2) Strategi yang dilakukan oleh tim pengembang kurikulum yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan, mencari, mengkaji, dan menganalisis bahan kurikulum, serta mengadopsi bahan untuk diimplementasikan; (3) Kurikulum program SMK-D2 Jalur Cepat telah memenuhi prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efektifitas, dan efisiensi; (4) Perwujudan link and match dalam kurikulum program SMK-D2 Jalur Cepat ditunjukkan melalui kolaborasi dengan SMK dan dudika, penyelarasan pembelajaran berbasis proyek dan kasus riil, peningkatan jumlah pengajar dan instruktur, praktik di dunia kerja (magang) selama dua semester, sertifikasi kompetensi, pengembangan riset dan tekonologi, serta rekrutmen lulusan oleh mitra industri; (5) Saat ini belum ada evaluasi yang dilakukan terhadap implementasi kurikulum Program SMK-D2 Jalur Cepat, namun monitoring berjalan terus dilakukan terhadap proses pembelajaran di kelas dan magang di industri melalui evaluasi internal pada lingkup proses, keluaran, dan hasil implementasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran yang ditujukan kepada: (1) Tim penyusun kurikulum untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap hasil pengembangan dan implementasi kurikulum; (2) Perguruan Tinggi Vokasi untuk meningkatkan peluang kerjasama dan intensitas pendekatan ke SMK maupun dudika; (3) Dudika untuk berkontribusi dalam memberikan informasi mengenai kebutuhan kompetensi yang akan diserap; (4) Pemerintah untuk melakukan pendekatan kepada seluruh pihak yang terlibat (SMK, PTV, dan Dudika) dengan meningkatkan frekuensi sosialisasi terkait program SMK-D2 Jalur Cepat. Selain itu, karena penelitian ini berfokus pada substansi manajemen kurikulum, peneliti selanjutnya dapat menggali topik serupa berdasarkan substansi manajemen pendidikan lain, seperti SDM, keuangan, sarana prasarana, dan hubungan masyarakat. Peneliti yang tertarik pada topik yang sama perlu memperluas ruang lingkup penelitian dengan mengambil lokasi yang berbeda sehingga hasilnya lebih baik dan valid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:27 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:27 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4323 |
Actions (login required)
View Item |