Pengembangan media pembelajaran visualisasi logika pemrograman graph berbasis website pada mata kuliah algoritma dan struktur data untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Nur Fitria Dahlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran visualisasi logika pemrograman graph berbasis website pada mata kuliah algoritma dan struktur data untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Nur Fitria Dahlina

Dahlina, Nur Fitria (2013) Pengembangan media pembelajaran visualisasi logika pemrograman graph berbasis website pada mata kuliah algoritma dan struktur data untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Nur Fitria Dahlina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dahlina Nur Fitria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Visualisasi Logika Pemrograman Graph Berbasis Website Pada Mata Kuliah Algoritma dan Struktur Data untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti G.I. M.Kom. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Graph Visualisasi Algoritma Struktur Data Pengembangan 12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran perasaan perhatian dan kemampuan atau keterampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Oleh karena itu media pembelajaran perlu diberikan kepada peserta didik agar lebih mudah menerima materi yang diberikan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di lapangan telah diketahui bahwa mahasiswa memang sebagian sudah cukup mampu memahami materi struktur data dan mengerjakan soal-soal latihan yang telah dibuat. Namun ketika para mahasiswa tersebut menghadapi soal ujian yang menyerupai soal latihan dengan sedikit menambah tingkat kesukaran soal hanya terdapat hanya 3 sampai 4 mahasiswa dari total satu kelas mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika yang bisa menyelesaikan soal-soal tersebut. Selain itu sebagian besar dari mahasiswa masih merasa kurang memahami pokok bahasan Graph dengan alasan kurang memahami alur logika berpikir dari materi tersebut. Dengan adanya masalah tersebut maka media pembelajaran perlu dibuat untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi Graph. 12288 12288 12288 12288 Pada penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Sugiyono (2010) yang dimodifikasi pada langkah kesembilan model tersebut. Langkah-langkah pengembangan yang dilakukan adalah (1) menetapkan potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) menganalisis data (4) validasi media (5) revisi produk (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk (semula potensi dan masalah) dan (10) produk masal. Hasil pengembangan berupa CMS bernama ASD PendTIUM yang terdiri dari menu Media (visualisasi materi soal latihan forum diskusi) Profil Petunjuk Pengoperasian dan SAP (SK/KD). Produk ini telah divalidasi oleh ahli materi sebesar 100% ahli media 90 18% dan diujicobakan pada pengguna dan hasil persentasenya adalah 83 99%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ASD PendTIUM sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran. Selain itu ASD PendTIUM dapat membantu mahasiswa untuk memahami logika pada materi Graph.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43228

Actions (login required)

View Item View Item