Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian konvensional di SMK Nasional Mojosari / Nov'an Dwi Ardana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian konvensional di SMK Nasional Mojosari / Nov'an Dwi Ardana

Ardana, Nov'an Dwi (2013) Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi mengidentifikasi komponen sistem pengapian konvensional di SMK Nasional Mojosari / Nov'an Dwi Ardana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardana Nov an Dwi. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Mengidentifikasi Komponen Sistem Pengapian Konvensional Di SMK Nasional Mojosari Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Amat Mukhadis M.Pd. (2) Drs. H. Agus Sholah M.Pd Kata kunci metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) metode pembelajaran konvensional motivasi belajar hasil belajar bidang studi sistem pengapian konvensional. Metode pembelajaran merupakan sebuah pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Didalam sebuah metode pembelajaran terdapat berbagai tipe pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan keefektifan proses pembelajaran maka metode pembelajaran yang digunakan harus tepat dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan penggunan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Metode pembelajaran konvensional pada bidang studi sistem pengapian konvensional. Hal lain yang berpengaruh pada perolehan hasil belajar sistem pengapian konvensional adalah motivasi belajar. Jika dalam sebuah kegiatan pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran yang tepat maka siswa dengan motivasi belajar tinggi diindikasikan akan memperoleh hasil belajar terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang diajar menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan konvensional untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan siswa dengan motivasi belajar tinggi serta interaksi yang terjadi antara metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap pencapaian hasil belajar pada Bidang Studi Sistem Pengapian Konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2 yang bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Problem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43226

Actions (login required)

View Item View Item