Maulida, Dwi (2013) Pengaruh model pembel;ajaran Think Pair Share dan kemampuan awal terhadap hasil belajar sistem bahan bakar bensin siswa kelas X Otomotif di SMK Assa'adah Bungah Gresik / Dwi Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Maulida Dwi. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Kemampuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Siswa Kelas X Otomotif di SMK Assa adah Bungah Gresik. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Amat Mukhadis M.Pd. (II) Dra. Anny Martiningsih M.Kes. Kata kunci model pembelajaran think pair share kemampuan awal hasil belajar sistem bahan bakar bensin. 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran merupakan langkah langkah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dirancang. Model pembelajaran akan memfasilitasi siswa untuk lebih bertindak aktif dalam menerima materi pelajaran. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan penggunaan model pembelajaran think pair share dan model pembelajaran konvensional pada pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin. Hal lain yang berpengaruh pada perolehan hasil belajar sistem bahan bakar bensin yaitu kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa. Jika dalam sebuah kegiatan pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran yang tepat maka siswa dengan kemampuan awal yang tinggi akan memperoleh hasil belajar yang baik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar antara siswa kelas X SMK Assa adah yang diajar menggunakan model pembelajaran think pair share dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah serta interaksi yang terjadi antara model pembelajaran think pair share dan kemampuan awal siswa terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan desain faktorial 2 x 2 yang bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik dalam pencapaian hasil belajar tingkatan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi pencapaian hasil belajar serta interaksi yang terjadi antara model pembelajaran tingkatan kemampuan awal siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes akhir berupa tes objektif pilihan ganda. Sedang kemampuan awal siswa diperoleh dari tes awal berupa tes objektif pilihan ganda. Anava dua jalan digunakan untuk menjawab hipotesis yang telah diajukan. 12288 12288 12288 12288 Berdasrkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perolehan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran think pair share lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. 12288 12288 12288 12288 Kedua siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 12288 12288 12288 12288 Ketiga tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin di SMK Assa adah Bungah Gresik. Ini berarti bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara umum pada kompetensi Sistem Bahan Bakar Bensin. Keunggulan model pembelajaran Think Pair Share ( TPS) daripada model pembelajaran konvensional dan keunggulan kemampuan awal tinggi dari pada kemampuan awal rendah tidak tergantung pada variasi kemampuan awal siswa dan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) maupun model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |