Analisa penggunaan CDI racing terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun pembuatan 2007 / Ardhy Sundoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa penggunaan CDI racing terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun pembuatan 2007 / Ardhy Sundoro

Sundoro, Ardhy (2013) Analisa penggunaan CDI racing terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun pembuatan 2007 / Ardhy Sundoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sundoro Ardhy. 2013. Analisa Penggunaan CDI Racing Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Tahun Pembuatan 2007. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs.H Sumarli M.Pd. M.T. (II) Drs. H. Agus Sholah M.Pd. Kata Kunci CDI Konsumsi Bahan Bakar. Permasalahan yang terjadi di dunia ini adalah semakin menipisnya cadangan minyak di bumi ini. Hal ini disebabkan oleh peningkatan konsumsi bahan bakar minyak setiap tahun. Konsumsi bahan bakar terbanyak yaitu pada kendaraan bermotor karena setiap tahun jumlah kendaraan bermotor mengalami peningkatan. Untuk itu perlu adanya tindakan penghematan bahan bakar minyak agar konsumsi bahan bakar dapat dikurangi. Salah satu upaya penghematan bahan bakar minyak yaitu dengan mengurangi konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor. Penggunaan CDI Racing pada sepeda motor bertujuan untuk menghemat konsumsi bahan bakar dengan cara mengatur saat pengapian sehingga pembakaran di dalam ruang bakar akan lebih tepat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui konsumsi bahan bakar dengan penggunaan CDI Racing pada sepeda motor Yamaha Jupiter z (2) membandingkan produksi pada konsumsi bahan bakar antara yang menggunakan CDI racing dan yang menggunakan CDI standart pada speda motor Yamaha Jupiter z. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan jenis metode eksperimen untuk menguji efek dari suatu perlakuan/desain baru dengan membandingkan satu atau lebih kelompok dengan perlakuan baru. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah jenis CDI Variabel terikat dalam penelitian ini adalah konsumsi bahan bakar. Penelitian untuk konsumsi bahan bakar dilaksanakan di laboratorium Suzuki Universitas Negeri Malang. Data yang diambil dari rpm 1500 sampai 5700 dengan kenaikan 300 rpm. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik menggunakan uji beda Paired Sample t Test dengan bantuan SPSS 20 for Windows. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada konsumsi bahan bakar antara CDI racing dengan CDI standart. Dari hasil penelitian rata- rata konsumsi bahan bakar cdi standart adalah ketepatan saat pengapian memberi pengaruh sangat besar pada konsumsi bahan bakar semakin tepat saat pengapian maka bahan bakar akan lebih hemat. Pada penggunaan CDI racing pengapian diatur lebih presisi sehingga bahan bakar akan lebih hemat. Karena semakin kecil rata-rata konsumsi bahan bakar berarti semakin irit pemakaian bahan bakar dan pembakarannya menjadi sempurna. 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya penggunaan CDI racing terhadap torsi meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item