Pengembangan game edukasi sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen sistem pengapian untuk siswa kelas X Teknik Sepeda Motor di SMKN 9 Malang / Bayu Satria Vinandita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan game edukasi sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen sistem pengapian untuk siswa kelas X Teknik Sepeda Motor di SMKN 9 Malang / Bayu Satria Vinandita

Vinandita, Bayu Satria (2013) Pengembangan game edukasi sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen sistem pengapian untuk siswa kelas X Teknik Sepeda Motor di SMKN 9 Malang / Bayu Satria Vinandita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Media pembelajaran adalah salah satu contoh sarana dan prasarana yang harus dalam keadaan yang lengkap apabila suatu SMK ingin menghasilkan output siswa yang baik dan berkompeten dalam bidangnya. Kurangnya media pembelajaran di SMKN 9 Malang menyebabkan kurangnya daya serap siswa terhadap materi-materi pelajaran yang diberikan pada mereka. Kurangnya media pembelajaran juga menyebabkan kurangnya daya tarik siswa untuk belajar. Tujuan pengembangan ini adalah menciptakan sebuah media pembelajaran tentang pengenalan game edukasidi SMKN 9 Malang sebagai media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS. Media pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran dengan efektif dan dapat membantu siswa belajar mencapai tujuan pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Salah satu media pembelajaran berbantuan komputer adalah game edukasi. Game edukasi merupakan permainan yang telah dirancang untuk mengajar orang tentang topik tertentu memperluas konsep memperkuat pembangunan memahami sebuah peristiwa sejarah atau budaya atau membantu dalam belajar keterampilan yang menyenangkan dan bersifat mendidik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall dengan langkah-langkah meliputi analisis kebutuhan perancangan media pengembangan produk uji validitas media uji validitas materi revisi dan implementasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian berupa media pembelajaran game edukasi yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data dari dua ahli materi 43 dengan persentase 76 78% yang mengindikasikan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori cukup valid dan dari ahli media diperoleh data 73 dengan persentase 79% yang mengindikasikan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori cukup valid. Media pembelajaran telah diuji coba oleh 10 siswa Kelas 9 SMK Negeri 9 Malang dan memperoleh penilaian 89 65% dimana media ini termasuk kategori valid. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa game edukasi sistem pengapian untuk siswa kelas 9 SMK Negeri 9 Malang layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43222

Actions (login required)

View Item View Item