Pengaruh strategi pembelajaran learning stage terhadap prestasi belajar bongkar pasang rem dan roda pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggfalek / Dwi Ahmad Cholik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran learning stage terhadap prestasi belajar bongkar pasang rem dan roda pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggfalek / Dwi Ahmad Cholik

Cholik, Dwi Ahmad (2013) Pengaruh strategi pembelajaran learning stage terhadap prestasi belajar bongkar pasang rem dan roda pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggfalek / Dwi Ahmad Cholik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Strategi Pembelajaran Learning Stage Prestasi Belajar. Masalah yang sering kali dijumpai di lapangan (kelas) adalah metode pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran ke siswa. Siswa kurang berminat selama mengikuti pembelajaran karena metode yang digunakan terlalu monoton. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya prestasi belajar siswa. Dengan keadaan tersebut maka dibutuhkan sebuah metode pembelajaran dengan tingkat pemahaman yang tinggi agar dapat membuat prestasi belajar siswa meningkat. Metode pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar adalah metode urutan pembelajaran Learning Stage pada mata pelajaran kejuruan sistem rem dan roda. Penelitian ini termasuk dalam bentuk quasi eksperimental (eksperimen semu). Rancangan penelitian eksperimental semu (Quasy Experimental Design) digunakan karena penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Stage terhadap prestasi belajar bongkar pasang rem dan roda pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggalek. Bentuk desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah postest only design. Pada rancangan penelitian digunakan kelas-kelas yang telah ada atau yang telah terbentuk secara wajar (teknik kelompok atau cluster). Instrumen perlakuan berupa perangkat jobsheet dan materi. Sedangkan instrumen pengukuran berupa instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-T. Dari hasil pemaparan deskripsi hasil belajar pada masing-masing kelas rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 75 50 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 68 67. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Stage terhadap prestasi belajar sistem rem dan roda siswa kelas XII teknik kendaraan ringan di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggalek. Melihat adanya pengaruh positif dari penerapan Strategi Pembelajaran Learning Stage peneliti menyarankan sekolah-sekolah khususnya sekolahan kejuruan (SMK) agar dapat mengembangkan dan menerapkannya sehingga dapat memotivasi guru untuk tidak menggunakan metode pembelajaran yang monoton yang dapat membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43221

Actions (login required)

View Item View Item