Nugroho, Listianto (2013) Pengaruh pemberian drill method dan metode konvensional terhadap hasil belajar praktikum sistem starter dan pengisian teknik kendaraan ringan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi tahun 2012/2013 / Listianto Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nugroho Listianto. 2013. Pengaruh Pemberian Drill Method dan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Praktikum Sistem Stater dan Pengisian Teknik Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun 2012/2013. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Syarif Suhartadi M.Pd (2) Drs. Ir. Mustaman M.Pd. Kata kunci drill method metode konvensional hasil belajar praktikum Proses belajar mengajar pada umumnya selalu menggunakan metode pembelajaran. Namun pemilihan media pembelajaran tidak cocok dengan kondisi yang ada dilapangan dan cenderung monoton. Proses belajar mengajar yang demikian akan membuat siswa menjadi jenuh akibatnya hasil belajar akan semakin menurun. Dalam hal ini peran metode pembelajaran sangat penting. Penggunaan metode pembelajaran dapat mempertinggi proses dan hasil pengajaran adalah berkenaan dengan taraf berfikir dan hasil belajar peserta didik. Salah satu metode pembelajaran adalah drill method. Metode latihan keterampilan (Drill Method) adalah suatu metode mengajar dimana peserta didik diajak ke tempat latihan keterampilan untuk melihat bagaimana cara membuat sesuatu bagaimana cara menggunakannya untuk apa dibuat apa manfaatnya dan sebagainya. Drill method dalam proses belajar mengajar digunakan dengan tujuan membantu guru agar proses belajar peserta didik lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar praktikum siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran drill method dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan sistem stater dan pengisian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas XI SMK Negeri 1 Geneng. Sampel yang digunakan adalah kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran drill method dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal obyektif postes. Perbedaan prestasi belajar siswa kedua kelas diketahui dengan menganalisis data menggunakan uji-t independent. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh thitung - 3.110 dan P value (0.003 0.05) artinya ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Perbedaan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh. Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen (75%) lebih tinggi dari rata-rata prestasi belajar siswa kelas kontrol (70%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran drill method dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran praktek sebagai variasi guru mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43219 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |