Studi tentang persepsi siswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ketika PSG pada program keahlian otomotif SMK PGRI 03 Malang / Arif Isa Fakhrudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang persepsi siswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ketika PSG pada program keahlian otomotif SMK PGRI 03 Malang / Arif Isa Fakhrudi

Fakhrudi, Arif Isa (2013) Studi tentang persepsi siswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ketika PSG pada program keahlian otomotif SMK PGRI 03 Malang / Arif Isa Fakhrudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci faktor motivasi belajar pendidikan sistem ganda Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bahkan ketika PSG motivasi belajar siswa akan dipengaruhi oleh faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi siswa ketika belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motivasi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi motivasi belajar siswa yang sedang PSG. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa program keahlian teknik otomotif sepeda motor berjumlah 109 siswa. Sample diambil 25% dari populasi atau 28 responden. Teknik penentuan sample adalah purposive sample sehingga responden yang dipilih adalah siswa yang melaksanakan PSG di kota malang. Media pengumpulan data yaitu berupa angket untuk mengukur motivasi belajar dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa PSG. Angket dibagikan ke siswa PSG dengan cara mendatangi dunia usaha yang ditempati siswa PSG. Pengujian validitas dan reabilitas instrumen menggunakan program SPSS 17 for Windows. Berdasarkan hasil analisis uji validitas dari 30 butir soal motivasi belajar didapatkan 3 butir soal tidak valid dengan demikian 27 butir soal dapat dikatakan valid. Untuk 17 butir soal faktor pengaruh motivasi belajar didapatkan 17 butir soal valid. Analisa penelitian dilakukan dengan teknik analisa deskriptif tabulasi data penentuan interval pencarian prosentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kondisi motivasi belajar sebagian besar siswa program keahlian otomotif sepeda motor SMK PGRI 03 Tlogomas Malang yang sedang PSG adalah dalam kategori sedang. (2) faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dapat dikatakan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa program keahlian otomotif SMK PGRI 03 Malang . Kesimpulan (1) kondisi motivasi belajar siswa dalam kategori sedang hal ini tidak cukup baik untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. (2) motivasi belajar siswa dipengaruhi faktor-faktor antara lain cita-cita kondisi jasmani kemampuan belajar dukungan orang tua komunikasi dengan masyarakat bengkel hubungan komunikasi dengan masyarakat tempat tinggal dukungan guru dan mentor kondisi motivasi belajar teman kondisi lingkungan alamiah lingkungan bengkel dan materi pelajaran yang disampaikan mentor di bengkel. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka diajukan saran (1) Bagi Kepala SMK PGRI 03 Tlogomas Malang sebagai pemimpin hendaknya lebih mendorong motivasi belajar siswa melalui kebijakan-kebijakan yang sekiranya dapat menumbuhkan dan memelihara motivasi belajar siswa ketika siswa sedang PSG. (2) Kepada guru pembimbing PSG hendaknya guru memaksimalkan proses pembimbingan PSG. Guru hendaknya dapat merespon dan berinteraksi dengan siswa tentang keinginan-keinginan siswa dalam belajar yang lebih kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43217

Actions (login required)

View Item View Item