Identifikasi fasilitas belajar untuk menunjang prestasi belajar siswa pada Program Studi Teknik Alat Berat di SMK Negeri 6 Malang / Yudhistira Gita Fardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi fasilitas belajar untuk menunjang prestasi belajar siswa pada Program Studi Teknik Alat Berat di SMK Negeri 6 Malang / Yudhistira Gita Fardani

Fardani, Yudhistira Gita (2013) Identifikasi fasilitas belajar untuk menunjang prestasi belajar siswa pada Program Studi Teknik Alat Berat di SMK Negeri 6 Malang / Yudhistira Gita Fardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Fasilitas belajar Program Studi Teknik Alat Berat Pada era global saat ini proses belajar dan pembelajaran dituntut untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Peningkatan sumber daya manusia merupakan titik fokus dalam lingkup ini. Dalam dunia pendidikan khususnya kejuruan fasilitas belajar merupakan salah satu aspek yang memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar dan berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi fasilitas belajar pada Program Studi Teknik Alat Berat di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian dilakukan dengan instrumen berupa fasilitas belajar yang ada di SMK Negeri 6 Malang Program Studi Teknik Alat Berat. Standar instrumen yang dipakai adalah berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 40 tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana Sekolah Menengah Kejuruan dan standar BSNP. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil pengumpulan data menunjukan bahwa ketersediaan fasilitas praktikum menggunakan kriteria penilaian berdasarkan model ratting scale. Dalam penelitian ini diperoleh data dari hasil observasi dan dokumentasi yang dituangkan ke dalam instrumen penelitian berupa tabel. Kemudian data tersebut dianalisis dalam bentuk prosentase. Hasil observasi menunjukan bahwa rata-rata fasilitas belajar memiliki keadaan yang melebihi standar BSNP kecuali special tools yang hanya 16 6 % (dibawah standar). Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya siswa SMK dapat dengan melengkapi ketersediaan fasilitas belajar yang masih kurang dari standar sebagai alat untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43216

Actions (login required)

View Item View Item